Ayam kerdil? apa penyebabnya..

promo maxxSering kali peternak mengeluh tentang  ayamnya yang kerdil, dan selalu bertanya gimana solusi untuk mengatasi ayam yang kerdil. Sebelum ngomong jauh ke solusi tentu saja kita harus tahu kenapa ayam bisa kerdil?

Dari waktu ke waktu ayam broiler terus ditingkatkan performanya. dari yang standar bobot 1 kg dapat dicapai dalam waktu 5 bulan dengan FCR 3,7 saat ini ayam broiler modern bisa dipanen dikisaran bobot 2 kg pada hari ke 35 hari dengan FCR kisaran 1.55-1.75. tentu saja ini akan menimbulkan banyak efek.

secara alamiah performa ayam broiler direkayasa sedemikian rupa supaya bobot badan cepat naik dan juga FCR turun. Ada banyak adaptasi yang perlu dilakukan mulai dari tingkat stress ayam terhadap lingkungan yang menuntut kenyamanan untuk ayam broiler modern saat ini bisa tumbuh optimal.

Ketika ayam broiler modern memerlukan suasana dan dukungan alat dan kandang yang memiliki syarat khusus, kadangkala peternak juga sering mengabaikan, misalnya saja tempat pakan dan minum tidak standar, kipas dalam kandang kurang, pemanas masih pake kayu dll. Ini semua perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerdil pada ayam broiler.

Munculnya berbagai penyakit pada ayam broiler juga seiiring dengan rekayasa yang dilakukan manusia pada produksi ayam broiler. Contoh kasus CRD yang disebabkan oleh mikoplasma secara alami tidak memiliki kemampuan untuk bisa bertahan hidup lamaa diluar tubuh ayam, namun karena produksi ayam broiler dituntut tinggi kepadatan ayam tinggi maka sering kali terjadi ledakan kasus CRD ini. Sebelumnya jarang / tidak pernah terjadi.

Nah ada yang menyimpulkan bahwa adopsi teknologi baru oleh kebanyakan peternak untuk mendukung perbaikan genetik yang telah dilakukan kurang, yang pada akhirnya bisa memicu kekerdilan pada ayam broiler. Namun demikian ini juga bukan hal mutlak, karena kasus kerdil massih menjadi perdebatan sampai saat ini.

Ada yang mengatakan bahwa kerdil itu genetik, artinya bawaan dari breeding, namun perusahaan breeding pasti juga mengelak akan hal ini. Intinya untuk atasi kerdil ini adalah memperbaiki tata laksana manajemen kandang, manajemen pakan dan juga sebisa mungkin mengadopsi teknologi baru untuk performa terbaik ayam anda.

semoga sukses..

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *