Bermasalah dengan lalat pada peternakan ayam anda??

Ketika anda ingin memulai usaha budidaya ayam tentu saja dari awal harus sudah memikirkan faktor resiko yang mungkin datang pada peternakan ayam yang sedang anda kelola, baik budidaya ayam broiler pedaging maupun ayam petelur / layer. Faktor resiko seperti apa sajakah ketika kita akan memulai usaha peternakan ayam??

1. Resiko kegagalan faktor harga

2. Resiko kegagalan faktor manajemen / manusia

3. Resiko Lingkungan masyarakat

ketiga faktor diatas menjadi faktor yang mungkin akan memicu kegagalan dalam usaha ternak ayam anda. Sebaiknya dari awal sebelum anda memulai usaha faktor resiko diatas sudah anda antisipasi, atau setidaknya anda sudah tahu kemungkinan resiko diatas, sehingga anda akan bisa menyelesaikan masalah ketika peternak ayam anda sudah jalan.

Dalam artikel ini hanya akan saya bahas mengenai resiko lingkungan masyarakat. Masyarakat sekitar kandang memiliki andil penting dalam keberlangsungan usaha peternakan ayam anda. Sebaiknya anda membangun kandang ayam dilokasi yang cukup jauh dari pemukiman penduduk, kenapa? mengurangi faktor demo dari masyarakat.

Apa saja kemungkinan timbulnya reaksi masyarakat pada kandang ayam anda?

1. Bau kotoran dikandang

2. Banyaknya lalat

2 masalah diatas yang merupakan faktor utama yang berhubungan langsung dengan lingkungan masyarakat sekitar kandang. Masalah lalat memanang gampang susah untuk diatasi, jika kandang anda memiliki jarak yang cukup dekat dengan pemukiman penduduk ini akan menjadi masalah serius. Karena biasanya masyarakat akan protes pada pemilik kandang ayam.

Tentu ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar lalat tidak datang pada peternakan ayam anda. Lalat biasanya suka pada bau yang tidak sedap dan tempat yang kotor. Usahakan dalam peternakan ayam anda, anda selalu mengusahakan kebersihan kandang untuk menjaga agar lalat tidak datang, datangpun dengan populasi yang masih bisa ditoleransi. Selain menjaga kebersihan, pekerjaan selanjutnya adalah menjaga supaya kotoran ayam tidak bau. Bau kotoran ayam yang menyengat bisa menimbulkan datangnya lalat pada peternakan ayam anda.

Langkah diatas tentu saja langkah pencegahan yang bisa anda lakukan agar masalah lalat bisa teratasi, namun jika lalat tetap saja ada maka anda bisa menggunakan obat maupun racun lalat untuk membunuh lalat pada peternakan ayam anda, baik ayam broiler maupun petelur. Selain mematikan lalat dewasa , sebaiknya anda juga mematikan larva lalat supaya daur hidup lalat bisa berhenti, atau setidaknya mengurangi jumlah populasi lalat yang mungkin datang pada peternakan ayam anda.

Facebook Comments

3 thoughts on “Bermasalah dengan lalat pada peternakan ayam anda??”

  1. Hai, bagi anda yang ingin membuka usaha ayam potong, pasti bingung kira-kira apa yang harus pertama x lakukan? tentu saja kita tidak ingin usaha kita mengalami kegagalan karena minimnya pengalaman dalam membuka usaha ini. Karena itulah Juraganayam ingin membagikan tips untuk membuka usaha ayam potong yang anda dapat buka disini http://bit.ly/2myVCwf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *