Cara Menanggulangi Kekerdilan Pada Ayam Broiler

mencegah ayam broiler kerdilTerkadang pertumbuhan ayam broiler dalam satu kandang ayam tidak seragam, ada yang besar ada yang kecil ada yang sedang-sedang saja. Tapi tidak semua ayam yang terlihat kecil mengalami penyakit kekerdilan atau yang sering disebut sebagai RSS (runting and stunting syndrom). Tidak meratanya pertumbuhan ayam broiler ini bisa saja terjadi karena tidak sempurnanya penyerapan nutrisi, kurangnya asupan minum dan pakan, kepadatan ayam broiler dalam kandang yang terlalu tinggi, karena ayam setres atau karena penyakit radang usus. Nah cek-cek lagi apakah kandang ayam sudah cukup luas untuk ayam broiler, apakah tempat pakan dan minum sudah memenuhi untuk kebutuhan ayam broiler? Jangan sampai pertumbuhan ayam broiler tidak merata karena hal-hal yang sudah bisa diatasi sejak awal.

Jika kekerdilan ayam broiler terjadi karena kesalahan pada pengelolaan kandang ayam maka solusi yang bisa kita lakukan adalah
1. Memperluas area kandang ayam broiler.
2. Memastikan distribusi pakan ayam cukup, jadi tempat makan dan minum harus memadai untuk seluruh ayam broiler, jangan sampai ada beberapa ayam yang tidak bisa bersaing untuk mendapatkan pakan dengan ayam broiler yang lain.
3. Memberikan nutrisi yang tepat pada ayam broliler.
4. Berikan kipas dan juga pemanas yang cukup sesuai kebutuhan ayam broiler.

Tapi jangan pusing kepala barbie kalau semua hal itu sudah diperhatikan namun masih saja ada beberapa ayam yang kerdil. Kekerdilan yang terjadi pada ayam broiler tidak melulu terjadi karena kesalahan pengelolaan kandang ayam. Ada hal-hal lain yang menimbulkan kekerdilan, misalnya karena faktor genetik ayam broiler, serangan penyakit bakterial dan parasit, kesalahan pada saat proses pengindukan ayam broiler.

Jika kekerdilan ayam broiler terjadi karena fakor genetik dan juga kesalahan proses pengindukan maka yang bisa kita lakukan adalah memilih DOC yang berkualitas. Caranya? Kita harus memperhatikan mana DOC yang prosentase kekerdilannya tinggi dan mana DOC yang tingkat prosentase kekerdilannya kecil atau bahkan 0%. Jika sudah tahu, kita tidak perlu mengulang kesalahan yang sama.

Jika kekerdilan ayam broiler terjadi karena penyakit, maka imunitas ayam broiler harus dinaikkan dengan cara memberikan suplement yang pas untuk ayam broiler. Jika imunitas ayam broiler sudah baik, maka ayam broiler tidak mudah terserang penyakit termasuk penyakit yang menyebabkan kekerdilan pada ayam broiler. Untuk meningkatkan imunitas dan performa ayam broiler, kami rasa suplemen ayam broiler vitamax (pemenuhan kebutuhan nutrisi ayam) dan imunomax (meningkatkan imunitas ayam) bisa diandalkan karena komposisi vitamax dan imunomax diciptakan sesuai untuk kebutuhan ayam broiler dan dibuat dengan bahan-bahan alami yang aman untuk ayam broiler.
Ada tips jitu lain yang bisa peternak lakukan jika kekerdilan pada ayam broiler sudah terjadi, yaitu:
1.    Memisahkan ayam broiler yang mengalami kekerdilan dengan ayam broiler yang normal. Pemisahkan ini bertujuan supaya ayam broiler yang kerdil tidak harus bersaing dengan ayam yang lain yang lebih besar untuk mendapatkan pakan dan minum, sehingga asupan nutrisi mereka terpenuhi. Pemisahan yang dilakukan juga untuk menghindari penularan penyakit jika ternyata ayam broiler memiliki penyakit kekerdilan yang menular.
2.    Jika sudah dipisahkan namun ayam broiler tidak mengalami perubahan maka peternak bisa memberikannya kepada anak kecil untuk hewan peliharaan mereka. Ingat, ayam broiler yang kerdil membutuhkan perawatan, pengobatan dan pakan yang lebih banyak untuk membuatnya sama dengan yang lain. Hal ini tentu akan menjadi sumber pemborosan tersendiri padahal ketika ayam dijual, harga jualnya rendah atau bahkan tidak laku.

Semoga tips ini bermanfaat. Salam sukses!!
Info produk 0857 4364 7769, 0822 3354 0789

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *