Cara Mengenali Penyakit Ayam Enteritis Nekrotikan

Ayambroiler.com – ada banyak cara untuk meraih sukses, salah satunya adalah dengan beternak ayam broiler. Kita tahu bahwa komoditas peternak ayam broiler di indonesia telah tersebar luas dan banyak yang sudah sukses. Ada yang memulai dengan menumpang belajar dari orang lain dengan menjadi pekerja terlebih dahulu, ada juga yang berniat dari awal untuk memulai dari diri sendiri dengan segala resiko. Memang benar ada banyak cara untuk meraih kesuksesan di bidang peternakan ayam ini. Siapa yang berjuang dengan sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan apa yang telah mereka perjuangkan. Dalam dunia peternakan, berjuang tidak hanya dalam hal menggemukkan ayam saja, akan tetapi berjuang untuk menghindari penyakit ayam.

Ada banyak penyakit ayam yang sudah dikenal dan mungkin telah dipelajari oleh para peternak pemula. Mulai dari penyakit cekrek, gumboro, ND dan lain-lain. Meskipun kebanyakan penykit telah diperkenalkan sebelumnya, namun bukan berarti para peternak bisa bersantai karena bukan tidak mungkin penyakit baru bisa saja masuk ke kandang ayam mereka. Karena kebanyakan penyakit ayam tersebar melalui bakteri yang ukurannya sangat kecil, jadi sulit untuk diprediksi kapan dan dalam kondisi apa bakteri tersebut bisa mendatangi ayam yang kita pelihara. Oleh karena itu, sebagai peternak kita hendaknya harus segera waspada dan bersungguh-sungguh menjaga ayam dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang. Salah satu penyakit yang mungkin menyerang adalah penyakit enteritis nekrotikan. Seperti apa penyakit ini? Simak ulasannya berikut ini.

Penyakit enteritis nekrotikan merupakan salah satu penyakit yang termasuk dalam penyakit bakterial. Penykit ini bisa terjadi karena melalui karena adanya proses nekrosis dan proses yang berlangsung cepat pada mukosa usus halus terutama jejunum dan ileum. Dilihat dari kasus-kasus sebelumnya, penyakit ini kebanyakan terjadi pada ayam yang beusia lebih dari 4 pekan. Sehingga, bagi peternak yang memiliki ayam di usia tersebut diharapkan untuk tetap waspada agar ayam yang dipeliharanya bisa terjaga dari penyakit ini.

Penyakit ini juga sudah banyak dilaporkan dari berbagai negara penghasil unggas. Khusus di indonesia, penyakit ini hanya terjadi pada beberapa daerah tertentu saja. Hal ini dikarenakan penyakit ini hanya terjadi oleh beberapa sebab saja. Adapun penyebab terjadinya penyakit ini diantaranya adalah lingkungan yang tidak higienis, sanitasi yang kurang maksimal, serta akibat perubahan komposisi pemberian pakan yang mempengaruhi viskositas isi usus. Rupanya lingkungan kandang menjadi faktor yang mempengaruhi datangnya penyakit enteritis nekrotikan ini. Adapun penyebab lain penyakit ini bisa dari akibat terserang koksidiosis dan gumboro. Sehingga penting juga bagi ayam yang sudah mengidap dua penyakit tersebut untuk segera dirawat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyakit enteritis nekrotikan ini.

Untungnya, penyakit ini tidak menular langsung dari ayam ke ayam. Namun, penyakit ini bisa menular secara tidak langsung melalui beberapa peralatan kandang termasuk pakan yang telah terinfeksi bakteri penyebab penyakit ini. Oleh karen itu, penting bagi peternak untuk mencegah terjadinya penyakit ini pada ayam. Salah satu cara atau upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki manajemen agar bisa optimal, pemberian sanitasi atau desinfeksi yang cukup, serta mengatur kembali kepadatan ayam agar ideal. Kita tahu bahwa kondisi perawatan kandang sangat berpengaruh pada kebersihan lingkungan, dan kebersihan lingkungan akan berpengaruh pada kesehatan ayam. Ketahanan tubuh ayam pada penyakit juga bisa menjadi faktor agar ayam tidak terserang penyakit enteritis nekrotikan ini. Nah, bagi anda yang mau order imunomax, anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

One thought on “Cara Mengenali Penyakit Ayam Enteritis Nekrotikan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *