Cara Mensterilkan Kandang Pada Peternakan Ayam

Ayambroiler.com – peternakan menjadi salah satu jenis usaha yang kini memiliki komoditas yang cukup besar di kalangan masyrakat. Telah terdapat banyak peternak yang tersebar di hampir seluruh wilayah indonesia yang sama-sama menggeluti bisnis peternakan ayam ini. Hal ini tentu saja dikarenakan telah tersebarnya juga permintaan pasar akan hasil ternak ayam tersebut. Bagaimana tidak, sudah bukan hal baru lagi kalau permintaan pasar akan hasil ternak ayam ini jauh diatas permintaan hasil ternak hewan lainnya. Ditambah lagi, di hari-hari tertentu persediaan hasil ternak ayam yang sudah banyak tersebut terkadang masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar mengingat permintaan pasar terkadang mengalami peningkatan secara tiba-tiba. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa kini peternakan ayam menjadi salah satu jenis usaha yang menjanjikan di masa depan.

Namun, walaupun peternakan ayam tersebut merupakan salah satu peternakan yang memiliki komoditas yang besar, bukan berarti bisnis peternakan tersebut tidak memiliki kemungkinan untuk merugi. Dalam dunia bisnis, ada yang mengatakan bahwa bisnis adalah perjudian antara untung dan rugi. Jadi, resiko rugi tetap ada di dunia bisnis termasuk bisnis peternakan ayam tersebut. Sehingga, penting bagi mereka yang telah terjun di dunia bisnis peternakan ayam ini untuk sebisa mungkin menghidari kerugian yang mungkin dialami dengan terus fokus meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Karena, apabila peternak tersebut merugi atau mengalami kerugian di bisnis peternakan ayam, maka nilai kerugian tersebut kalau diuangkan bisa mencapai angka yang cukup besar. Sehingga, mau tidak mau peternak itu sendiri lah yang harus pintar mengatur strategi agar tidak terjadi kerugian pada usaha yang ia jalankan.

Jika dilihat dari jejak peternak pendahulu, sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah bisnis peternakan ayam mengalami kerugian. Masa dimana usaha peternakan tersebut tidak bisa menghasilkan hasil panen sesuai dengan target yang diinginkan lebih-lebih jauh dibawah target yang telah dibuat diawal dimulai peternakan tersebut. Diantara beberapa faktor penyebab kerugian peternakan tersebut, faktor sumber daya manusia atau faktor dari peternak itu sendiri seharusnya bisa dihindari. Dengan memiliki sumber daya manusia yang sudah sesuai standar, maka faktor lain bisa diminimalisir pula.

Adapun faktor lain yang bisa menyebabkan kerugian di peternakan ayam adalah penyakit ayam atau penyakit unggas. Kita tahu bahwa ayam merupakan salah satu hewan yang tergolong kelompok unggas, dan unggas tersebut tentu saja sangat rawan terhadap penyakit apabila ditempatkan di tempat yang tidak sesuai dengan habitat aslinya. Oleh karena itu, penting bagi peternak untuk menjaga kandang yang digunakan untuk beternak ayam tersebut. Terutama, ayam akan sangat rawan menderita penyakit di kandang yang kondisi kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa rugi atau tidaknya sebuah peternakan ayam itu tergantung bagaimana peternak tersebut mensterilkan kandang yang digunakan untuk beternak ayam tersebut.

Salah satu cara untuk mensterilkan kandang ayam agar ayam bisa terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan melakukan sanitasi atau desinfeksi yang ketat. Sanitasi kandang tersebut harus dilakukan diawal sebelum ayam masuk ke kandang sebelum diternakkan. Dan maksud dari sanitasi tersebut adalah agar kandang dan semua peralatan yang digunakan untuk peternakan ayam bisa sesuai dengan standar yang berlaku. Adapun sanitasi atau desinfeksi tersebut bisa anda lakukan menggunakan desinmaxx yang bisa mensterilkan kandang. Nah, bagi anda yang mau order desinmaxx, anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

One thought on “Cara Mensterilkan Kandang Pada Peternakan Ayam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *