Cegah Gumboro dari Awal pada peternakan ayam anda

Salah satu penyakit yang mempengaruhi keberhasilan peternakan ayam broiler maupun jenis ayam lain adalah penyakit gumboro. Penyakit ini sangat merugikan peternakan karena penyakit gumboro akan menimbulkan kematian pada anak ayam, peningkatan ayam afkir dan penurunan pertumbuhan karena berbagai penyakit dan stres lingkungan. Berbagai aspek seperti stress lingkungan, biosekuriti, kandang dan lokasi kandang yang kurang ideal dapat mendukung terjadinya penyakit gumboro.

Program vaksinasi yang teratur mutlak diperlukan untuk menanggulangi penyakit ini, namun kebanyakan peternak kurang optimal sehingga kasus gumboro masih saja terjadi. Vaksinasi dapat efektif mencegah karena gumboro merupakan penyakit yang bersifat imunosupresi dikarenakan virus gumboro dapat merusak morfologi dan fungsi organ limfoid primer terutama bursa fabricius. Rusaknya jaringan tersebut mengakibatkan tidak optimalnya pembentukkan antibodi, sehingga kepekaan terhadap berbagai agen penyakit akan meningkat.

Untuk mengurangi atau mengantisipasi kejadian gumboro terjadi, anda dapat mencegah penyakit ini sejak awal pemeliharaan dengan melakukan persiapan kandang yang merupakan tips ampuh untuk mengurangi jumlah virus gumboro di lapangan. Adapun cara yang dapat dilakukan sebagai berikut :

1. Pembersihan kandang
Lakukan pembersihan kandang sisa pemeliharaan, termasuk sisa pakan dan feses seluruhnya. Pembersihan dapat dilakukan dengan menyikat semua bagian kandang dengan detergen. Jangan biarkan feses dan sisa litter menumpuk di sekitar kandang karena menjadi obyek pertumbuhan virus.

2. Desinfeksi
Desinfektan hanya bekerja bila terjadi kontak langsung dengan bibit penyakit. Oleh karena itu, disarankan saat melakukan desinfeksi sebaiknya menggunakan jetspray (penyemprotan air bertekanan). Dengan metode itu, cairan desinfektan akan dapat masuk ke pori-pori dinding maupun lantai kandang. Karena merupakan salah satu tindakan biosekuriti. Desinfeksi kandang tidak akan optimal bila dilakukan secara seadanya.

3. Istirahatkan kandang
Ini merupakan ritual wajib yang harus dilakukan peternakan ayam, istirahat kandang minimal 14 hari dan bertujuan untuk memutus siklus hidup virus gumboro. Apalagi bila pernah terjadi penyakit gumboro di tempat itu maka pengistirhatan kandang bisa lebih lama. Jika kandang masih ada sisa-sisa kotoran lama dapat menyebabkan kejadian gumboro berulang. Oleh karena itu, pembersihan kandang harus dilakukan secara sempurna.

4. Kendalikan vektor gumboro
Lakukan pembersihan secara teratur terhadap rumput dan semak di sekitar kandang. Usahakan tidak ada genangan air dengan memebersihkan selokan hingga alirannya lancar. Perlu penyemprotan insektisida untuk mengeliminasi vektor serangga, kumbang dan nyamuk yang menyebarkan virus gumboro.

Penanggulangan penyakit gumboro memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Selain langkah vaksinasi, biosekuriti, dan manajemen kandang yang baik sangat berperan untuk mencegah penyakit gumboro. Intinya adalah maksimalkan persiapan kandang dengan baik agar kejadian gumboro tidak menyerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *