Efisiensi masa brooding ayam broiler

Pada pemeliharaan ayam yang dilakukan untuk tujuan komersial, pada umumnya anak ayam diperoleh dari penetasan menggunakan mesin tetas. Oleh karena itu, pada awal pemeliharaan dibutuhkan induk buatan yang dapat menjaga kondisi ayam tetap nyaman pada suhu yang tidak ideal. Dengan adanya induk buatan diharapkan anak ayam akan tumbuh dengan baik, sistem induk buatan tersebut biasa disebut brooding. Pengertian dari brooding adalah masa dimana anak ayam masih membutuhkan induk buatan atau penghangat buatan sampai umur tertentu dimana anak ayam telah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan pada awal kehidupan atau fase produksinya. Bila masa brooding mengalami kegagalan, dapat mengakibatkan penurunan produktivitas pada masa berikutnya, hal itu dikarenakan potensi genetik pada ayam tidak dapat dicapai secara optimal.

Pada awal kehidupan antara 0 sampai 14 hari, akan terjadi perbanyakan sel atau hyperplasia. Perbanyakan sel meliputi perkembangan saluran pencernaan, perkembangan saluran pernafasan dan perkembangan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Sebelum dilakukan brooding, kandang terlebih dulu harus disiapkan. Diantaranya pembersihan kandang, mulai dari pembersihan kotoran, mencuci dengan detergen, mencuci dengan desinfektan, pengapuran kandang, menebar sekar dan didesinfeksi dengan NaOH. Setelah kandang dan peralatan telah siap, selanjutnya membuat brooding yang akan digunakan.

Untuk tercapainya efisiensi, seperti yang disebutkan diatas kandang harus telah siap. Bila tidak, akan berdampak negatif akibat adanya cekaman dan jika udaranya dingin ayam akan stres, dan akan berdampak buruk bagi ayam. Bila ayam stres, kunign telur sebagai cadangan makanan dari anak ayam akan mengkerut dan mengeras sehingga tidak dapat diserap tubuh. Ayam yang mengalami stres bila dimasukkan ke dalam chick guard (areal brooding), akan banyak diam dengan sedikit makan, pertumbuhan vili usus tidak maksimal yang berakibat pertumbuhannya kurang optimal. Sebaiknya 1 jam sebelum ayam datang, brooding sudah dinyalakan pemanasnya agar saat ayam masuk kondisinya sudah sesuai dengan yang diharapkan. Air minum yang dalam kondisi hangat kuku efek dari pemanas akan membuat air minum cocok dengan suhu usus dan tubuh ayam. Untuk pemilihan pemanas, sebaiknya menggunakan pemanas berbahan gas, walaupun biaya investasinya relatif mahal. Dengan harga yang agak mahal, pemanas gas memiliki kelebihan energi mudah dikontrol, tidak berasap dan panasnya stabil.

Untuk mengawal masa brooding berjalan optimal, pembelahan sel optimal anda bisa menambahkan suplemen alami VITAMAX. VITAMAX memiliki kandungan super komplit sangat baik untuk memaksimalkan semua fungsi alamiah bawaan ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *