Kandang Yang Baik Untuk Perkembangan Unggas

Ayambroiler.com – ayam merupakan salah satu unggas yang banyak dibudidayakan di indonesia. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya permintaan hasil ternak ayam yang ada di indonesia. Akan tetapi, kualitas hasil ternak ayam yang disukai pasar tentu adalah hasil ternak ayam yang benar-benar berkualitas. Sedangakan kualitas hasil tenak ayam tersebut didapat dari kesehatan ayam yang diternakkan. Nah, kita tahu bahwa salah satu hal yang bisa memengaruhi kesehatan ternak ayam adalah kualitas kandang ayam itu sendiri. Lalu, bagaimana cara untuk memiliki kandang yang baik untuk perkembangan unggas yang akan menghasilkan hasil ternak yang baik itu?

Pada dasarnya untuk memiliki kualitas kandang yang baik untuk perkembangan ayam yang kita pelihara, kita harus tahu bahwa ayam juga makhluk hidup yang memiliki kebutuhan hidup berupa kandang yang baik. Apalagi pada dasarnya habitat asli ayam bukanlah di kandang ternak yang kita bangun, melainkan di alam. Oleh karena itu, sebisanya kita harus membuat kondisi kandang agar memiliki kualitas tempat hidup yang setidaknya mendekati habitat asli ayam tersebut. Ayam memiliki ketahanan hidup yang tidak jauh berbeda dengan berbagai unggas lain seperti kalkun, merpati dan burung liar lainnya. Salah satu kesamaan sifat mereka adalah bahwa mereka akan sulit beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan tidak sesuai dengan habitat asalnya. Akibatnya, ayam akan tidak tahan dan akan mengalami sakit bahkan kalau sudah fatal bisa menyebabkan kematian unggas.

Nah, bagi anda yang mau membangun kandang yang baik untuk perkembangan unggas ayam, anda bisa mengacu pada beberapa persyaratan kandang yang baik untuk ayam sebagai berikut.

1. Berada di lokasi yang tidak mengganggu lingkungan

Lokasi yang dimaksud adalah lokasi kandang dan lingkungan yang berada disekitarnya. Mengapa kebanyakan kandang ayam dibuat ditengah sawah atau di tempat sepi yang jauh dari tempat tinggal manusia? Tentu saja karena lokasi tersebut adalah lokasi yang tidak mengganggu lingkungan. Lingkungan sekitar kandang bisa diartikan lingkungan berupa orang-orang yang tinggal di sekitar kandang maupun alam disekitar kandang. Nah, lokasi yang baik untuk dibangun kandang unggas adalah lokasi yang bisa mencegah agar limbah kandang tidak mengganggu orang-orang yang tinggal disekitarnya dan tidak mengganggu kebersihan alam disekitarnya.

2. Posisi kandang tidak mudah tergenang banjir

Kandang ayam sebaiknya dibuat dengan pondasi yang kuat dan memiliki alas yang lebih tinggi dari tinggi tanah disekitarnya. Biasanya, peternak terdahulu memilih untuk membuat kandang dengan model panggung sehingga bisa mengantisipasi agar ayam tidak kebanjiran apabila terjadi musibah banjir.

3. Berjarak minimal 10 meter dari rumah

Salah satu cara agar kandang memiliki lokasi yang tidak mengganggu lingkungan disektarnya adalah dengan memberi patokan jarak minimal 10 meter dari rumah penduduk. Hal ini bisa juga bisa anda praktekan untuk kandang ayam yang mau anda bangun. Kalau anda memilih lokasi yang jauh dari perumahan seperti di tengah sawah maka lokasi tersebut juga bisa untuk lokasi kandang ayam yang mau dibangun.

4. Kandang didesain agar mudah dibersihkan, udara bersirkulasi, dan mendapat sinar matahari

Mengenai desain kandang yang mau dibangun, ada tiga hal yang perlu anda perhatikan. Ketiga hal tersebut adalah desain yang mudah dibersihkan, desain yang memiliki sirkulasi udara yang baik, dan desain yang mudah mendapatkan sinar matahari terutama di pagi hari. Karena dengan ketiga hal tersebutlah ayam akan memiliki kenyamanan dalam bertumbuh, sekligus kita sebagai peternak juga akan lebih mudah merawat ayam maupun kandang ayam itu sendiri. Nah, kalau anda mau agar ayam anda senantiasa sehat, anda juga bisa menambahkan nutrisi tambahan ayam berupa imunomax. Nah, bagi anda yang mau order imunomax, anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *