Kebutuhan pakan ayam broiler

Bagi Anda yang akan menjalankan bisnis ternak ayam broiler maka Anda harus mengerti kebutuhan pakan ayam broiler. Apabila Anda tidak mengerti kebutuhan pakan akan membuat Anda bingung dalam menentukan modal yang tepat. Kadang orang asal dalam memperkirakan kebutuhan pakan ayam jenis ini. Karena asal maka orang tersebut akan kaget jika kebutuhan pakan sangat jauh dari perkiraan awal. Anda juga harus memahami jika Anda mengerti kebutuhan pakan maka Anda akan mengerti berapa keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Kebutuhan pakan ayam broiler sangat banyak. Itu karena ayam ini adalah jenis ayam yang sangat rakus. Ayam broiler bisa makan dengan jumlah yang banyak. Banyak sekali peternak yang mengeluh karena kebutuhan pakan untuk ayam broiler semakin banyak dengan harga pakan yang sangat mahal. Untuk mendapatkan ayam broiler dengan berat yang maksimal memang Anda harus memberikan pakan dengan jumlah yang cukup dengan kandungan protein yang sesuai. Apabila Anda memberikan pakan dengan jumlah yang sedikit akan membuat ayam tersebut kurang maksimal saat di panen pada usia sekitar 36 hari.

Dalam hitungan wajar kebutuhan pakan ayam broiler yang Anda butuhkan adalah 60-65 sak ( persak 50 kg ) untuk ayam yang berjumlah 1000 ekor ( tergantung bobot panen ayam ). Apabila jumlah ayam yang Anda miliki lebih banyak semakin banyak juga kebutuhan pakan yang Anda butuhkan. Harga pakan yang paling murah saat ini adalah 280 ribu untuk tiap sak pakan. Melihat penjelasan ini maka Anda membutuhkan anggaran pakan sekitar 18 juta rupiah untuk 1000 ekor ayam.  Nah jika anda ingin pakan irit namun bobot tetap jadi anda bisa menambahkan suplemen VITAMAX dan IMUNOMAX. VITAMAX sangat baik untuk meningkatkan konversi pakan ke daging.

Agar biaya untuk kebutuhan pakan ayam broiler Anda tidak semakin membengkak maka Anda harus memberikan pakan alternatif. Ada banyak sekali pakan alternatif yang dapat Anda berikan kepada ayam. Dengan menggunakan pakan alternatif yang berkualitas akan membuat keuntungan yang akan Anda dapatkan menjadi lebih besar. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha ternak ayam maka Anda harus membaca penjelasan ini dengan baik. Menghitung semua kebutuhan dari mulai bibit hingga pakan adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh Anda remehkan. Semoga usaha ternak ayam yang Anda jalankan semakin berkembang. Namun anda juga perlu memperhatikan pakan alternative yang anda berikan, berikan pakan alternative sebagai campuran pakan pabrik.

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *