Mencegah dan Mengatasi Penyakit Ngorok atau CRD

Penyakit ngorok memang sudah sering terjadi di peternakan kita, tapi sebenarnya ngorok sendiri bukan merupakan penyakitnya melainkan gejala klinis yang terjadi. Ngorok pada ayam dapat disebabkan oleh agen infeksius dan non-infeksius seperti udara yang berdebu, amoniak, dan perubahan cuaca. Faktor udara sangat mempengaruhi karena pertumbuhan ayam seperti broiler modern sangat cepat namun tidak diimbangi dengan pertumbuhan organ vital seperti jantung dan paru-paru. Sehingga kedua organ tersebut rentan terserang penyakit baik dari dalam maupun luar tubuh. Kondisi suhu dan kelembaban yang tidak sesuai dapat mengakibatkan gangguan fungsi sinus ddan organ pernafasan lainnya. Suhu yang ideal untuk ayam adalah 25 – 280 C dengan kelembaban 60 – 70%. Sedangkan amonia pada litter yang basah dan suhu tinggi dalam kandang yang terhirup akan mengiritasi saluran pernafasan ayam dan menyapu silia di mukosanya. Sel-sel yang ada di permukaan saluran pernafasan menjadi rusak.

Sedangkan saluran penyebab CRD merupakan bekterial Mycoplasma gallisepticum yang menyebabkan rusaknya saluran pernafasan. Rusaknya saluran pernafasan akan menekan sistem kekebalan tubuh lokal pada lokasi tersebut sehingga agen penyakit lebih mudah masuk ke dalam tubuh ayam. Atau dengan kata lain CRD berperan sebagai pembuka pintu gerbang sistem pertahanan primer dan akhirnya memicu serangan infeksi penyakit sekunder. Gabungan antara penyakit sekunder dengan CRD tentunya kan menimbulkan gejala kompleks. Ayam akan batuk, ngorok, bersin, keluar lelehan mata, dan hidung. Jika bakteri oportunis E. Coli masuk, maka keadaan akan semakin parah yang disebut dengan CRD kompleks.

Untuk mencegah ayam anda terserang CRD, maka perkandangan harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak berdebu. Selain itu usahakan kondisi litter selalu dalam keadaan kering. Dan untuk meningkatkan kekebalan ayam yang anda pelihara, anda dapat menggunakan Imunomax yang berfungsi sebagai Immune activator yang diperlukan unggas dan burung untuk meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan mikotoksin. Namun, apabila ditemui gejala yang mirip dengan CRD pada ayam anda, segera pisahkan ayam yang dicurigai mengidap dan berikan MAX-X yang terbukti ampuh mematikan sumber patogen penyebab ngorok. MAX-X bekerja langsung pada sumber infeksi pada saluran pernapasan unggas yang terserang bakteri jahat.

One thought on “Mencegah dan Mengatasi Penyakit Ngorok atau CRD”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *