Mencegah Hama Pinjal Pada Ayam Yang Diternakkan

Ayambroiler.com – usaha peternakan ayam adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh siapa saja yang mau belajar. Bahkan disebut-sebut usaha ternak ini merupakan salah satu usaha yang bisa mengentaskan kemiskinan. Oleh karena itu, usaha peternakan ayam ini banyak diminati oleh para generasi muda yang ingin terjun di dunia peternakan maupun dunia bisnis. Kita tahu bahwa kini bisnis tidak harus silakukan di kantor dengan pakaian berdasi. Namun, dari peternakan ayam saja, kalau bisa mengelolanya dengan baik maka bukan tidak mungkin orang akan memiliki bisnis yang bernilai jutaan dari peternakan ayam tersebut. Hal ini sudah banyak dibuktikan mengingat banyak juga pengusaha ayam yang bisa sukses dengan memiliki omset jutaan, puluhan juta, bahkan milyaran.

Upaya untuk bisa memiliki usaha peternakan ayam yang sukses tentu bisa dicontoh dari para peternak pendahulu yang telah lebih dahulu memetik kesuksesan. Sebagai peternak pemula, tentu saja menjadi keuntungan tersendiri ketika memiliki panutan yang pasti dalam usahanya meraih kesuksesan. Nah, tentu saja prinsip kerja yang disiplin sudah menjadi tips utama yang harus diterapkan dalam menggeluti usaha peternakan ayam ini. Mulai dari mempersiapkan kandang, bibit, hingga perencenaan di awal yang matang, hingga berbagai upaya yang harus dilakukan ketika usaha tersebut telah berjalan. Nah, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meraih kesuksesan di bidan peternakan ayam adalah dengan menjaga kesehatan ayam agar terhindar dari berbagai hama yang menghambat pertumbuhan ayam.

Hama memang bisa menjadi salah satu pengambat kesuksesan usaha kalau pertumbuhan ayam bisa terpengaruhi oleh hama tersebut. Hal ini dikarenakan pasar harus mendapatkan apa yang mereka inginkan yaitu hasil ternak dengan kualitas yang terbaik. Jika hasil ternak ayam ini kualitasnya menurun akibat serangan hama, tentu pasar akan kecewa dan bisa mempengaruhi harga hasil ternak ayam. Salah satu jenis hama yang perlu diwaspadai bisa mempengaruhi usaha ternak ayam tersebut adalah hama dari jenis pinjal. Pinjal adalah salah satu hama yang bersifat parasitik, yang tergolong ordo siphonaptera dan dikhawatirkan membawa penyakit karena kebiasaannya menghisap darah berbagai jenis hospes.

Ciri-ciri hama pinjal ini adalah tubuhnya yang berbentuk piih pada kedua sisi lateral, memiliki kaki yang berukuran besar pada ruas pertama. Karena kekuatan kakinya tersebut, pinjal memiliki kemampuan yang baik untuk melompat. Sebenarnya populasi pinjal lebih banyak ditemukan di daerah yang beriklim panas atau sedang, tetapi penyebaran hama yang satu ini telah tersebat di berbagai negara di dunia. Jenis hama pinjal ini pun juga beragam yaitu, pinjal ayam eropa, pinjal melekat erat, dan pinjal ayam barat. Masing-masing jenis pinjal diatas semuanya berpotensi menyerang ayam yang diternakkan, sehingga peternak harus selalu siap dan waspada terhadap ayam yang mereka ternakkan. Hal ini dikarenakan apabila ayam telah terserang hama ini, maka berpotensi terjadi penurunan produksi pada ayam, ayam kehilangan banyak darah, sedangkan pada ayam muda bisa mengakibatkan kematian unggas.

Pencegahan terhadap hama yang satu ini perlu dilakukan apabila peternak tidak ingin usahanya berakhir merugi. Dan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk membasmi hama pinjal adalah dengan melakukan pemberian insektisida dengan dosis yang disesuaikan. Untuk membasmi hama ini, upaya sanitasi atau desinfeksi yang ketat juga diperlukan agar lingkungan kandang menjadi bersih dan tidak menjadi rumah bagi hama pinjal tersebut. Upaya desinfeksi dapat anda lakukan dengan menggunakan desinmaxx yang juga bisa berfungsi sebagai pestisida. Nah, bagi anda yang mau order desinmaxx, anda bisa order dengan cara klik disini.

One thought on “Mencegah Hama Pinjal Pada Ayam Yang Diternakkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *