Mencegah Infeksi Mycoplasma Gallisepticum Pada Ayam Yang Diternakan

Ayambroiler.com – beternak ayam merupakan salah satu peluang usaha yang sangat terbuka bagi siapapun yang mau mengerjakannya. Asalkan ada niat dan kemauan yang baik, maka siapapun bisa sukses di bidang peternakan ayam ini. Apalagi, saat ini kesadaran masyarakan akan gizi yang baik sudah maju sehingga banyak yang mencari hasil peternakan ayam ini. Dengan kata lain, pasar peternakan ayam ini sudah ada, tinggal bagaimana sikap peternak itu sendiri. Melakukan usaha ternak ayam ini rupanya tidak hanya bermanfaat untuk menghasilkan pendapatan keluarga saja, akan tetapi juga bisa menjadi ajang mengisi waktu purna pensiun, untuk mengajarkan jiwa usaha pada anak muda dan bisa juga untuk berbagi ilmu terhadap sesama peternak ayam.

Para peternak yang sudah berpengalaman tentu sudah tidak asing lagi dengan satu hal yang sering dihadapi di peternakan yang bernama penyakit ayam. Karena kalau ditelusuri, akan ada banyak sekali jenis penyakit ayam yang bisa menyerang ayam yang mereka pelihara. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat yang bisa mengakibatkan kematian pada unggas. Namun, hanya peternak yang mampu mengatasi berbagai penyakit tersebut lah yang bisa sukses pada akhirnya. Hal ini lah yang perlu diketahui oleh para peternak pemula yang baru pertama kali terjun di dunia peternakan. Bahwa, harus ada tindakan yang tepat dalam memelihara ayam dan mencegah ayam dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu penyakit ayam yang bernama infeksi mycroplasma gallisepticum. Nama-nama penyakit ayam kebanyakan diberikan berdasarkan nama bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit tersebut, sehingga terkadang terdengar asing di telinga kita. Infeksi mycroplasma gallisepticum ini juga biasa disebut dengan nama penyakit chronic respiratory disease yang kemudian disingkat menjadi penyakit CRD. Peyakit CRD merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai agar tidak terjadi pada peternakan ayam. Karena penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya karena bisa menyerang ayam di semua umur. Ada beberapa gejala yang ditumbulkan pada ayam yang mengalami penyakit CRD ini. Berikut gejala yang bisa muncul pada ayam yang menderita penyakit CRD.

  1. muncul suara ngorok pada ayam
  2. ayam juga terkadang terlihat batuk
  3. terdapat eksudat serus yang lengket pada hidung ayam
  4. terkadang bulu dan sayap ayam juga terdapat eksudat sehingga menjadi kotor
  5. terjadi penurunan nafsu makan pada ayam
  6. berpotensi terjadi penurunan berat badan pada ayam

Penyakit ini sangat diwaspadai karena akan berpengaruh pada keuntungan finansial kalau dibiarkan begitu saja. Sehingga, peternak diharapkan untuk melakukan tindakan pencegahan agar ayam yang dipelihara bisa terbebas dari penyakit ini. Adapun untuk langkah pencegahan dapat dilakukan salah satunya dengan memperketat keamanan biologis. Penanganan ini dilakukan bukan lain adalah agar ayam bisa terbebas dari sumber penyakit CRD ini dan pada akhirnya ayam pun juga bisa terbebas dari penyakit ini. Yang perlu diperhatikan juga adalah dengan memisahkan umur ayan yang berbeda dari yang dewasa maupun yang masih grower. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penularan dari ayam yang dewasa ke ayam yang lebih muda.

Selain melakukan langkah pencegahan, peternak juga harus melakukan langkah pengobatan yang diperlukan apabila terjadi kelalaian sehingga ayam bisa terjangkiti penyakit CRD ini. Adapun ayam yang terjangkiti penyakit ini sebaiknya segera diobati agar tidak semakin parah. Penyakit micoplasma gallisepticum ini bisa diobati karena merupakan salah satu infeksi yang sensitif terhadap antibiotik. Nah, bagi anda yang mau order max-x untuk mengobati CRD, anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

One thought on “Mencegah Infeksi Mycoplasma Gallisepticum Pada Ayam Yang Diternakan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *