Mengatasi Hama Kumbang Pada Ayam Yang Diternakkan

Ayambroiler.com – kini beternak ayam memang banyak dilakukan untuk dijadikan usaha atau bisnis oleh mereka yang melihat peluang dibalik usaha peternakan ayam tersebut. Dan sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau keuntungan yang dihasilkan dari usaha ternak ayam ini memang menggiurkan. Banyak yang bisa mencapai omset jutaan, puluhan juta bahkan ada yang sampai milyaran yang hanya dihasilkan dari peternakan ayam tersebut. Tidak heran jika saat ini ada banyak generasi muda yang tertarik untuk terjun di dunia peternakan terutama peternakan ayam. Sebenarnya usaha peternakan dibagi menjadi banyak cabang seperti peternakan kambing, sapi, unggas, dan lain-lain. Namun, dilihat dari pengalaman yang telah lalu, peternakan unggas terutama ayam telah banyak menarik perhatian dengan banyaknya jumlah keuntungan yang dihasilkan dari usaha peternakan ayam tersebut.

Meskipun peternakan ayam ini telah terbukti menghasilkan keuntungan yang banyak, namun tidak bisa dipungkiri bahwa yang namanya unggas adalah salah satu hewan dengan kekebalan tubuh yang tidak stabil apalagi kalau ditempatkan di tempat baru yang dia tidak bisa adaptasi. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari beternak ayam, peternak harus memiliki strategi yang jitu dalam melawan berbagai hama yang memungkinkan menyerang ayam yang dia pelihara. Kita tahu bahwa ada banyak hama yang berpotensi menyerang peternakan ayam seperti lalat kandang, kumbang dan lain-lain.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu hama yang bisa menerang ayam yaitu hama yang bernama kumbang. Hama yang menyerang ayam biasanya bersifat parasit, begitu pula pada kumbang ini. Kumbang merupakan salah satu hama pada ayam yang bersifat parasit tetapi secara tidak langsung. Namun, sebagian kumbang juga terkadang berparasit pada kulit ayam. Kelompok kumbang ini termasuk dalam ordo coleptera, dan kumbang tersebut bisa menjadi hama yang menyerang ayam apabila dibiarkan terlalu lama di dalam litter yang kemudian dimakan ayam.

Banyak jenis hama yang berpotensi menyebabkan kerugian ekonomis pada peternak, tidak terkecuali hama kumbang ini. Kumbang dinilai sebagai hama yang kalau sudah berhasil menyerang ayam dapat mengakibatkan berbagai penyakit pada ayam yang tidak diinginkan. Hal ini dikarenakan didalam hama kumbang tersebut terdapat beberapa jenis cacing berbahaya yang dapat menyerang ayam yang diternakkan apabila tidak diawasi dengan baik oleh peternak. Adapun beberapa jenis cacing berbahaya yang terdapat pada kumbang tersebut adalah raillietina cesticillus, raillietina magninumida, choanotaenia infundibulum, hymenolepis carioca, hymenolepis diminuta dan hymenolepis cantaniana. Adapun jenis kumbang yang sering dijumpai di peternakan ayam di berbagai negara adalah jenis kumbang gelap. Jenis kumbang ini memang sering ditemukan karena kebiasaanya untuk memakan sisa pakan ayam yang tercecer didalam litter. Adapun jenis kumbang lain yang suka berkeliaran di area kandang ayam adalah kumbang jenis histerid dan staphylinid.

Mengingat banyaknya kerugian ekonomis yang berpotensi diderita dari hama kumbang ini, maka penting bagi peternak untuk mewaspadai kemungkinan tersebut dengan melakukan upaya pencegahan atau pengendalian terhadap hama kumbang tersebut. Adapun metode yang bisa dilakukan untuk mengendalikan hama yang satu ini adalah dengan mengupayakan pemberian insektisida yang cukup yang juga dilengkapi dengan upaya sanitasi atau desinfeksi kandang yang optimal dan ketat. Terutama upaya untuk menjaga litter dari keberadaan kumbang yang berpotensi dimakan oleh ayam apabila tidak dijaga dengan baik. Pemberian vitamin untuk kekebalan ayam pun bisa dilakukan untuk menambah kekebalan tubuh ayam. Nah, bagi anda yang mau order imunomax untuk kekebalan ayam, anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *