Mengenal Infeksi Gongylonema Pada Ayam Yang Diternakkan

Ayambroiler.com – beternak ayam kini telah banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat luas. Tidak hanya itu, kini juga telah banyak media yang tertarik untuk meliput salah satu bidang bisnis yang satu ini. Bagaimana tidak, bisnis atau usaha beternak ayam ini telah memiliki latar belakang yang baik dalam memnuhi kebutuhan pasar akan hasil ternak ayam itu sendiri. Sehingga, masyarakat pun merasakan hasilnya dengan lebih mudah dalam memenuhi gizi keluarga dari hasil ternak ayam yang yang tercukupi tersebut. Tidak hanya itu, usaha beternak ayam ini juga tentu memiliki manfaat bagi peternak ayam itu sendiri. Telah banyak orang yang memutuskan untuk terjun di dunia bisnis peternakan ayam ini dan mendapatkan hasilnya. Kita mungkin sudah sering melihat atau mendengan berita tentang seorang peternak ayam yang bisa untuk jutaan bahkan omsetnya mencapai milyaran.

Namun, dibalik kesuksesan yang dialami oleh para peternak tersebut tentu saja ada kerja keras, pengorbanan dan usaha lainnya yang tentunya harus diupayakan dengan penuh ketekunan. Hal ini tidak bisa dipungkiri mengingat tidak semua peternak ayam tersebut bisa sukses begitu saja. Ada beberapa peternak yang harus menelan kekecewaan karena usaha peternakan ayam yang digelutinya harus mengalami kerugian. Rugi dalam berbisnis memang sudah menjadi hal yang biasa, akan tetapi apabila kerugian tersebut dapat mengakibatkan bisnis ternak ayamnya gulung tikar, tentu akan kekecewaannya akan berlipat-lipat. Salah satu penyebab kegagalan dalam ternak ayam adalah penyakit ayam itu sendiri, sehingga penting bagi peternak untuk mengetahui seluk beluk kesehatand dan penyakit ayam yang mereka pelihara.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu penyakit ayam yang perlu diwaspadai dan dikenali oleh para peternak ayam. Penyakit tersebut bernama infeksi gongylonema. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang berpotensi menyerang ayam yang diternakkan secara intensif sekalipun. Kita tahu bahwa ayam merupakan salah satu unggas yang rentan terhadap penyakit apalagi apabila ditempatkan di lokasi yang tidak kondusif. Seperti penyakit infeksi nongylonema ini misalnya, penyakit ini bisa menyerang ayam bukannya tanpa sebab, penyakit ini bisa menyerang ayam dikarenakan oleh perantara berupa hewan cacing. Menurut ahli, penyakit ini disebabkan oleh gongylonema ingluvicola.

Penyakit ini menyerang ayam yang diternakkan melalui perantara salah satunya adalah cacing. Selain itu, penyakit ini ternyata juga bisa menyerang beberapa jenis unggas lainnya seperti kalkun, sejenis ayam hutan, burung kuau dan burung puyuh. Adapun jenis cacing yang menularkan penyakit ini bisa ditemukan pada mukosa tembolok dan terkadang ditemukan pada esofagus proventrikulus. Masuknya cacing penyebab penyakit atau infeksi ini pun tidak terjadi begitu saja. Pada kasus yang biasa ditemui, penularan cacing tersebut terjadi melalui hospes perantara yaitu copris minutus (sejenis kumbang) dan kecoa. Kedua jenis perantara tersebut tentunya ditemukan di lingkungan peternakan apabila sanitasi atau desinfeksi yang dilakukan kurang maksimal.

Yang paling ditakuti dari penyakit ini adalah terjadinya kerusakan jaringan seperti lesi lokal pada mukosa tembolok. Kerusakan tersebut bukan lain adalah karena aktivitas gongylonema ingluvicola yang terus menggali mukosa. Namun, penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dan bisa dihindari oleh peternak sejak dini. Dan cara pencegahan penyakit ini pun sebenarnya tidaklah rumit dan bisa dilakukan dengan optimal untuk mencegah terjadinya penyakit atau infeksi gongylonema pada ayam ini. Adapun langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan membasmi hospes perantara penyakit melalui sanitasi dan desinfeksi yang optimal. Dengan begitu, maka lingkungan ayam akan aman dari penyakit ini. Nah, bagi anda yang mau order desinmaxx untuk langkah desinfeksi ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

One thought on “Mengenal Infeksi Gongylonema Pada Ayam Yang Diternakkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *