Mengenal Kebutuhan Vitamin Ayam Broiler

gambar vitamax dan imunomaxUntuk memperoleh bobot yang optimal salah satunya dipengaruhi oleh nutrisi ransum yang dikonsumsi. Nutrisi terdiri dari 2 jenis yakni nutrisi makro dan nutrisi mikro. Hal yang sering luput dari perhatian adalah kebutuhan nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral yang tidak tercukupi. Vitamin sebagai senyawa organik yang diperlukan dalam jumlah kecil untuk menjaga fungsi metabolisme dalam tubuh agar tetap optimal. Vitamin tidak memiliki peran yang kalah penting dengan jenis nutrisi lainnya. Jika dilihat secara kuantitatif, persentase kebutuhan vitamin ayam lebih kecil dibandingkan dengan nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Meskipun demikian, vitamin tetap wajib diberikan terkait fungsinya sebagai katalis metabolis nutrisi makro. Dengan kata lain, bila tidak ada peran vitamin maka metabolisme nutrisi makro akan terhambat. Hambatan metabolisme akan menyebabkan pertumbuhan ayam kurang optimal, terbatasnya pembentukan energi untuk beraktifitas dan tidak ada regerasi sel-sel tubuh yang rusak.

Vitamin dikategorikan menjadi 2 jenis, yakni vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Vitamin larut dalam lemak adalah vitamin yang dapat dengan mudah menyatu dengan lemak tubuh sehingga tubuh akan menyimpan selama waktu tertentu. Sedangkan vitamin yang larut dalam air adalah vitamin yang dengan mudah menyatu dengan air tubuh. Tubuh tidak dapat menyimpan vitamin yang larut dalam air karena apabila ada kelebihan vitamin akan langsung dikeluarkan melalui cairan tubuh seperti air seni dan keringat. Vitamin yang termasuk larut lemak adalah vitamin A, D, E, dan K, sedangkan vitamin yang termasuk dalam vitamin larut air adalah vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B7, B9, B12) dan C.

Ayam yang dipelihara dengan sistem tata laksana yang tidak baik, sangat peka terhadap defisiensi vitamin. Hal tersebut mungkin terjadi karena unggas tidak memperoleh keuntungan dari sintesis vitamin oleh mikroorganisme di dalam alat pencernaan ayam karena harus bersaing dengan mikroorganisme dalam menggunakan vitamin tersebut. Unggas membutuhkan vitamin yang tinggi karena vitamin penting bagi reaksi metabolis yang vital dalam tubuh ayam. Populasi kandang yang padat pada peternakan ayam broiler modern menimbulkan stress. Sehingga untuk mengatasi berbagai macam stress membutuhkan kadar vitamin yang tinggi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *