Mengenal Penyakit Arizonosis Dan Cara Pencegahannya

Ayambroiler.com – beternak ayam broiler adalah salah satu usaha yang menjanjikan. Banyak pengusaha ayam broiler yang telah sukses di masa lalu sehingga banyak peternak pemula yang ketagihan mengikuti jejak mereka tersebut. Saat ini sudah banyak yang membuktikan bahwa beternak ayam broiler memang salah satu usaha yang menjanjikan. Akan tetapi untuk mendapatkan kesuksesan beternak ayam broiler tentu tidak didapat dengan usaha yang ringan. Ada banyak rintangan yang harus dilalui oleh para peternak agar bisa mendapatkan kesuksesan tersebut salah satunya adalah dengan menghadapi berbagai penyakit yang berpotensi menyerang ayam. Ada banyak jenis penyakit ayam yang bisa menyerang salah satunya adalah penyakit arizonosis.

Penyakit arizonosis sebenarnya merupakan penyakit yang kurang terkenal apabila dibandingkan dengan nama penyakit lain seperti cekrek atau penyakit ngorok pada ayam. Penyakit cekrek tentu penyakit yang hampir semua peternak ayam mengetahui asal-usul penyakit tersebut. Namun, walaupun penyakit ini kurang terkenal, bukan berarti penyakit ini bisa dirremehkan. Karena apabila ayam sudah terkena penyakit ini, hal ini akan merepotkan peternak itu sendiri apalagi kalau mengakibatkan mortalitas yang tinggi. Hal ini tentu bukan yang diharapkan oleh peternak dimanapun. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui asal-usul penyakit arizonosis dan cara pencegahannya agar ayam yang ktia pelihara bebas dari penyakit ini dan usaha beternak ayam pun dapat terlaksana dengan lancar.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai penyakit ini, akan lebih mudah apabila kita mengetahui bagaimana ciri-ciri yang ditimbulkan pada ayam yang terjangkiti. Menurut pengalaman yang sudah lalu, penyakit yang satu ini akan banyak menyerang ayam yang masih muda. Pada kebanyakan kasus, ayam muda yang baru berumur kurang dari 3 minggu adalah yang paling banyak terserang penyakit ini. Sebenarnya penyakit ini adalah penyakit yang sudah banyak tersebar luas di dunia. Namun, untungnya di indonesia ini penyakit ini masih belum banyak ditemukan seperti penyakit ayam lainnya. Oleh sebab itu peternak ayam terkadang masih awam dengan penyakit yang satu ini.

Dilihat dari penyebabnya, penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella arizonae. Penyakit ini memang jarang ditemukan di indonesia, namun bukan berarti bisa diremehan begitu saja. Karena kalau kita lihatlagi penyebab penyakit ini adalah jenis bakteri yang jenisnya tidak jauh dengan kelompk bakteri salmonella penyebab penyakit paratifoid. Kalau dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin akibat yang diderita oleh peternak bisa lebih buruk dari yang diperkirakan. Seperti yang diketahui, sifat kuman penyebab penyakit ini bersifat gram-negatif, berbentuk bacillus, motil, tidak memberntu spora dan bersifat hospes spesifik. Untuk diketahui, bahwa bakteri ini juga tumbuh dengan baik apabila lama dibiarkan di media cair.

Nah, karena siapa saja tentu tidak ingin proses usaha peternakan ayamnya terganggu oleh penyakit termasuk penyakit arizonosis ini, maka berikut ini adalah bebarapa hal yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit arizonosis pada ayam. Pada dasarnya pencegahan ini prinsipnya sama dengan cara mencegah penyakit lain yang terjadi karena bakteri, yaitu dengan cara mencegah bakteri masuk ke kandang atau ke unggas yang dipelihara. Yang pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki sanitasi kandang. Kemudian, yang kedua adalah dengan mencegah hewan-hewan liar pembawa bakteri seperti kalkun, tikus dan hewan liar lainnya agar tidak mendekati kandang sehingga bisa membawa bakteri buruk bagi ayam. Selain itu, untuk menambah kekebalan tubuh ayam, anda bisa memberi vitamin untuk ayam. Nah, bagi anda yang mau order imunomax anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *