Mengenal Penyakit Ayam Tuberkulosis Avian

Ayambroiler.com – di Indonesia beternak ayam menjadi salah satu usaha perorangan yang menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan oleh mereka yang sudah sukses di bidang peternakan ayam ini. Kalau kita melihat surat kabar, kadang kita jumpai kabar mengenai kesuksesan seorang peternak ayam yang tidak hanya mencapai jutaan, tetapi bahkan beromset sampai milyaran. Hal ini memperkuat opini bahwa kalau ditekuni dengan baik, maka pendapatan seorang peternak ayam tidak bisa diremehkan begiitu saja. Sehingga tidak kaget kalau baru-baru ini ada banyak pemula yang mau terjun di dunia peternakan ini.

Satu hal yang perlu diketahui bagi mereka yang mau memulai peternakan ayam ini adalah bahwa dalam usaha menjalankan peternakan unggas ini tentu tidak hanya berjalan mulus begitu saja. Akan tetapi, ada juga rintangan yang harus dihadapi dan harus diambil tindakan, salah satunya adalah tentang penyakit ayam. Seorang peternak ayam tidak bisa terlepas begitu saja dari penyakit ayam ini. Karena, apabila peternak lengah dan membiarkan penyakit ayam menyerang ayam yang mereka pelihara, maka bukan tidak mungkin mereka akan mengalami kerugian yang disesali. Oleh karena itu, para peternak mudah disarankan untuk bisa lebih waspada terhadap penyakit ayam ini sehingga bisa menjalankan bisnis peternakan dengan sukses.

Kali ini, kita akan mengenal salah satu penyakit ayam yang bernama tuberkulosis avian. Mungkin para peternak pendahulu sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini, tetapi bagi anda yang masih pemula mungkin masih bertanya-tanya tentang penyakit ini. Penyakit tuberkulosis avian tergolong dalam jenis penyakit bakterial. Penyakit ini harus diwapadai karena bisa mengakibatkan infeksi granulomatus baik pada unggas mudah maupun unggas dewasa. Untuk diketahui juga, sebenarnya penyakit ini termasuk penyakit yang tidak banyak ditemui di peternakan komersial, akan tetapi bukan berarti penyakit ini bisa diremehan begitu saja.

Adapun penyakit ini memiliki sifat tertentu dibawah ini.

  • proses penyakit yang berlangsung kronis
  • memiliki kecenderungan menimbulkan penururan berat badan
  • berpotensi mengakibatkan emasiasi
  • terjadi penurunan produksi telur
  • berpotensi berakhir dengan kematian

Nah, untuk mengetahui seperti apa ayam yang sudah terkena penyakit ini, berikut adalah gejala yang dialami ayam yang terkena penyakit ini.

  1. ayam terlihat depersi atau lemah
  2. ayam mengalami penuruan berat badan yang progresif
  3. daerah fasial akan terlihat lebih kecil daripada ayam normal
  4. bulu ayam akan terlihat berdiri dan kusam
  5. pada kulit yang tidak tertutup bulu, akan terlihat kering
  6. pada kasus tertentu, bisa terjadi kelumpuhan
  7. ayam mengalami diare, sehingga menjadi lemah
  8. pada kasus tertentu ayam bisa mati mendadak tergantung tingkat keparahan penyakit

Pengobatan perlu dilakukan untuk ayam yang sudah terkena penyakit tuberkulosis avian ini. Karena apabila tidak segera ditindak dengan benar, maka dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit menjadi semakin parah dan tentu hal ini tidak diinginkan. Nah, karena penyakit ini bersifat zoonosis, maka biasanya penyakit ini tidak diobati. Meskipun begitu, tetap ada beberapa anti tuberkulosis yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini. Nah, mencegah penyakit ini menjadi penting untuk dilakukan karena langkah pengobatan yang jarang dilakukan pada beberapa kasus. Untuk langkah pencegahan penyakit ini diutamakan ditujukan pada pengamanan biologis yang ketat. Hal ini tentu harus dilakukan oleh peternak itu sendiri, dengan langkah-langkah seperti pemberian pakan dan minum yang optimal, pemeriksaan kelompok ayam yang terinfeksi penyakit melalui ujicoba tuberkulin, penyediaan litter yang memadai, dan tentu saja adalah langkah sanitaasi/desinfeksi yang optimal. Nah, bagi anda yang mau order desinmax, anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

One thought on “Mengenal Penyakit Ayam Tuberkulosis Avian”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *