Mengenal Penyakit Infeksi Oxyspirura Pada Ayam

Ayambroiler.com – bisnis memang memberikan banyak pilihan bagi orang yang melakukannya. Termasuk pada bisnis ayam atau bisnis peternakan ayam. Ada banyak pilihan yang bisa dipilih oleh peternak dalam menjalankan bisnisnya atau usahanya tersebut. Sehingga tidak jarang kita temui pemberitaan baik di media cetak maupun media masa tentang orang-orang yang sukses dalam bisnis beternak ayam ini. Dari berbagai kisah orang sukses tersebut tentu ada beragam jalan yang ditempuh oleh peternak dalam rangka meraih kesuksesan yang mereka dambakan. Bahkan ada juga yang harus memulai dari nol dengan usaha yang keras untuk meraih kesuksesan. Akan tetapi tentu saja itu menjadi inspirasi untuk para peternak muda agar lebih termotivasi dalam menggeluti bidang bisnis peternakan ayam ini.

Dalam bisnis peternakan ayam, memang benar bahwa banyak yang telah mencoba dan telah mendapatkan kesuksesan yang mereka inginkan. Namun, dibalik kesuksesan para peternak pendahulu tersebut tentu saja terdapat perjuangan yang tidak mengenal lelah dari berbagai hal yang berpotensi merugikan bisnis mereka. Adapun salah satu hal yang harus diwaspadai pengusaha peternak ayam ini salah satunya adalah berupa penyakit ayam itu sendiri. Berbagai upaya perlu dilakukan peternak agar ayam yang dipelihara tersebut dapat tetap terjaga kesehatannya, terhindar dari segala penyakit sehingga bisa produktif hingga akhir masa panen.

Salah satu jenis penyakit ayam yang berpotensi menyerang ayam yang diternakkan adalah infeksi oxyspirura. Penyakit atau infeksi tersebut merupakan salah satu jenis penyakit yang perlu diwaspadai mengingat bisa berakibat fatal pada ayam seperti kebutaan apabila tidak ditindaklanjuti secara serius. Sebenarnya penyakit ini tidak hanya dapat menyerang ayam saja, namun juga berpotensi menyerang berbagai jenis unggas lainnya seperti burung merak, burung dara, ayam mutiara, ayam hutan, dan burung puyuh. Pada kasus infeksi yang menyerang ayam yang dipelihara, perlu dilakukan tindakan yang tepat dari peternak itu sendri untuk menyelamatkan ayam yang mereka pelihara sekaligus menyelamatkan bisnis yang mereka jalankan.

Penyebab infeksi oxyspirura ini adalah berupa cacing dari jenis oxyspirura mansoni dan oxyspirura petrowi. Penyakit infeksi oxyspirura ini tidak dapat terjadi secara langsung melainkan melalui hospes perantara yaitu melalui kecoa. Ayam yang memakan kecoa yant telah terinfeksi larva cacing tersebut, maka besar kemungkinan akan tersernag penyakit ini melalui esofagus dan akhirnya menuju pada bagian mata ayam. Pada kebanyakan kasus, cacing tersebut banyak ditemukan dibawah selaput nikitan, kantong konjungtiva serta saluran nasolakrimalis mata. Akibat yang disebabkan penyakit ini pun akan kelihatan yaitu ayam menunjukan gejala radang mata yang berat. Ayam akan menunjukan reaksinya yaitu dengan menggaruk mata yang sakit akibat radang tersebut, dan lama-lama bisa dijumpai material mengeju yang berwarna putih. Oleh sebab itu lah kalau dibiarkan terlalu lama maka bukan tidak mungkin ayam akan mengalami kebutaan.

Dikarenakan parahnya akibat yang disebabkan oleh penyakit oxyspirura ini, maka langkah pencegahan sebaiknya dilakukan dengan semaksimal mungkin agar ayam terhindar dari penyakit yang satu ini. Perlu bagi peternak untuk memberikan lingkungan yang nyaman bagi ayam yang dipelihara agar terhindar dari perantara infeksi ini yaitu kecoa. Adapun salah satu cara untuk membasmi kecoa adalah dengan memutus siklus hidup kecoa itu sendiri. Salah satunya adalah dengan melakukan sanitasi dan desinfeksi yang ketat pada lingkungan kandang dan sekitarnya. Adapun untuk menambah kebalan tubuh ayam, anda bisa menggunakan imunomax. Nah, bagi anda yang mau order imunomax, anda bisa order dengan cara klik disini.

One thought on “Mengenal Penyakit Infeksi Oxyspirura Pada Ayam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *