Menyambut tamu istimewa ( DOC ayam broiler )

Bak tamu special yang akan datang kerumah, pastinya tuan rumah akan menyiapkan banyak hal untuk sang tamu istimewa tadi. DOC adalah tamu istimewa kita sebagai peternak ayam broiler. Supaya tamu istimewa kita bisa nyaman ditempat barunya maka kita harus menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan DOC ayam broiler sebagai tamu istimewa kita.

Nah sambutan seperti apa yang perlu dipersiapkan agar DOC nyaman ditempat barunya, supaya ayam nyaman, sehat dan juga pertumbuhan optimal:

Sebelum DOC datang anda harus menyiapkan tempat yang nyaman sebagai pengganti indukan ayam . Istilahnya adalah brooding, yang perlu disiapkan adalah, alas brooder, pemanas, tempat pakan dan minum, chick guard, lampu/cahaya kebersihan brooder dan juga kandang.

Litter disiapkan sebaik mungkin, sekam sudah harus siap 2 hari sebelum DOC datang. Sekam ditabur dengan ketebalan 3-5 cm. Untuk menjaga kehangatan ayam broiler, ayam membutuhkan pemanas yang cukup pada saat DOC datang, usahakan pemanas sudah menyala dan brooder dalam kondisi hangat. Usahakan pemanas terpasang dengan benar sehingga panas merata dalam 1 brooding yang dibuat, anda bisa cek penyebaran ayamnya, Jika ayam banyak yang bergerombol itu biasanya panas kurang merata atau memang kurang hangat.

Tamu datang masa gak dikasih makan dan minum yang enak-enak, siapkan tempat pakan dan minum secukupnya untuk tiap brooder. Isi brooder biasa antara 600-1000 ekor tergantung settingnya. Nah pada saat DOC baru datang langsung kasih air gula + vitamax untuk mengembalikan kondisi DOC setelah lelah dalam perjalanan. Satu feed tray atau nampan makan / baby chick feeder usahakan cukup 1 buah untuk 80 ekor umur 0-3 hari. Tempat minum otomatis 1 tmao untuk 100-120 ekor umur 0-10 hari. Untuk tabel kebutuhan tempat makan dan minum akan kami bahas pada tulisan selanjutnya ya…

Kebutuhan cahaya juga cukup penting untuk ayam, kebutuhan minimal harus tercukupi. Kalo kondisi brooding terlalu gelap tidak baik untuk si ayam. Intensitas cahaya yang dibutuhkan minimal 20 lux / 10 watt SL/TL / 60 wat lampu pijar. PAstikan juga kondisi kandang sudah di desinfeksi secara menyeluruh,baik kandang maupun peralatan kandangnya.

Semoga sukses ya..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *