Obat cekrek / ngorok/ cekrok dan cara menanggulanginya

Permasalahan tertinggi yang sering dihadapi oleh peternak ayam broiler diseluruh wilayah indonesia adalah adanya indikasi cekrek, ngorok , cekrok pada ayamnya.. Sebenarnya masalah ini  sudah sering dibahas di blog ini, namun karena ini penting maka akan saya ulangi lagi.

Cekrek / ngorok sebenarnya bukan penyakit namun ini adalah indikasi awal adanya serangan penyakit seperti CRD. Ngorok  maupun cekrek jika tidak segera ditangani biasanya daya tahan tubuh ayam akan turun, turunnya daya tahan tubuh ayam ini akan memudahkan agen patgohen jahat menyerang ayam. Biasanya yang paling dekat dengan ngorok / cekrek adalah CRD. Nah jika CRD tidak segera diatasi biasanya E-coli juga ikut ikutan menyerang ayam. Jadilah CRD kompleks..

CRD kompleks menjadi momok bagi semua peternak, karena jika ini terjadi biasanya ayam pertumbuhan tidak optimal, nafsu makan drop, FCR bengkak, dan juga kematian tinggi, apalagi dengan cuaca yang seperti sekarang ini.

Sebelum hal-hal diatas terjadi pada peternakan ayam broiler anda, sebaiknya anda melakukan langkah-langkah antisipasi agar cekrek tidak datang di farm anda.. Karena langkah-langkah antisipasi ini jauh lebih penting agar performa ayam broiler anda bisa seperti yang anda harapkan.  untuk langkah antisipasi anda bisa baca artikel kami sebelumnya :

Manajemen Pemeliharaan Penyebab Ngorok?

Cara Penanganan dan Pencegahan Ngorok pada Broiler

Silahkan baca artikel diatas untuk langkah antisipasi dan juga pencegahan cekrek, ngorok , cekrok.. semoga sukses..

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *