Pencegahan Penyakit Pilek snot coryza pada Ayam

Penyakit pilek pada ayam dikenal dengan influenza ayam, nama lain dari penyakit tersebut adalah penyakit Infectious Coryza atau Snot. Penyakit ini ditemukan pada ayam ras pada semua umur, namun lebih sering pada umur 14 minggu. Pilek biasa timbul pada musim penghujan atau ada kaitannya dengan kondisi lingkungan kandang yang dingin dan lembab, selain itu penyakit ini muncul pada pergantian musim. Penyakit Snot disebabkan oleh bakteri haemophilus galloinarum. Pilek pada ayam dapat menyebar secara cepat melalui makanan, minuman dan udara. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan, ayam yang terserang harus langsung dipindahkan ke kandang khusus karantina.

Selain melakukan pencegahan tersebut anda juga harus memberikan suplemen kepada ayam yang akan memacu pertumbuhan dan ketahanan tubuh ayam. Produk Vitamax sangat cocok digunakan karena dapat mengurangi stres lingkungan dan meningkatkan ketahanan tubuh sehingga mengurangi kematian, mampu memperpanjang masa produksi telur dan mempercepat pertumbuhan ayam, meningkatkan daya cerna sehingga FCR akan menurun.

Ternak ayam yang terserang Snot akan menunjukkan gejala-gejala diantaranya : pada daerah mata mengeluarkan cairan, ayam terlihat mengantuk dengan sayapnya terlihat turun, keluar lendir dari hidung berwarna kuning kental, ayam bersin-bersin dan mengguncangkan kepalanya, ayam mengorok dan susah bernafas, nafsu makan turun dan pertumbuhannya menjadi lambat, pernafasan cepat, sering kali dibarengi dengan diare dan ayam dapat menjadi kerdil.

Untuk mencegah Pilek ayam bisa dilakukan dengan melakukan sanitasi kandang yang baik. Tentunya dengan selalu menjaga kebersihan kandang. Kandang sebaiknya terkena sinar matahari langsung sehingga mengurangi kelembaban. Kandang yang lembab dan basah akan memicu serangan penyakit Snot. Selain itu penting dilakukan vaksinasi Coeryza untuk mencegah penyakit Snot. Hindarkan pula memelihara ayam dengan umur yang berbeda dalam satu kandang. Oleh sebab itu, anda perlu menggunakan Imunomax yang merupakan immune activator yang dibuat dari kombinasi 3 komponen pertahanan (Mannan Oligosaccharides, Beta Glucans, dan Chitosan) yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan mikotoksin. Dan Imunomax sangat dianjurkan digunakan pada lingkungan yang memiliki cuaca cukup ekstrim dan kandang yang lembab. Dengan penggunaan Imunomax yang teratur dapat menekan ayam yang sakit di peternakan anda. Dan memiliki timbal balik terhadap produksi yang maksimal serta keuntungan yang maksimal pula.