Pengendalian Tungau Unggas Utara Pada Peternakan Ayam

Ayambroiler.com – indonesia merupakan negara yang kaya, baik kaya akan sumber daya alam maupun akan sumber daya manusianya. Asalkan diolah dengan baik dan benar, maka sumber daya yang ada di negara kita tersebut bisa sangat bermanfaat bagi kita untuk bisa menikmati segala sumber daya alam yang tersedia. Termasuk untuk mendapatkan sumber protein dari berbagai jenis hewan semisal ayam, kini orang indonesia sudah bisa menikmatinya dengan baik. Kita tahu bahwa kini statistik menunjukkan permintaan masyarakat atas hasil ternak ayam yang merupakan salah satu penghasil protein yang mudah didapatkan, statistik tersebut menunjukkan peningkatan pada hari-hari tertentu terutama pada hari-hari besar. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat telah sadar bahwa penting untuk memberikan nutrisi terbaik bagi keluarga agar kesehatan keluarga pun terjaga.

Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan hasil ternak ayam ini, maka diharapkan peternak ayam bisa menjadi tumpuan bagi masyarakat agar bisa memasok hasil ternak ayam sesuai dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan pasar, tetapi juga tidak lupa untuk memperhatikan kualitas hasil ternak yang dihasilkan. Untuk bisa menghasilkan hasil ternak dalam jumlah yang banyak mungkin sudah bisa dilakukan, namun untuk menjaga kualitas hasil ternak tersebut terkadang membutuhkan usaha yang lebih keras dari peternak itu sendiri. Pasalnya, ada saja hama yang bisa menyerang ayam yang diternakkan meskipun telah dipelihara secara intensif. Salah satu jenis hama yang bisa menyerang ayam adalah tungau unggas utara.

Bagi peternak pemula yang belum familiar dengan tungau yang satu ini bisa salah mengidentifikasi tungau unggas utara ini dengan tungau ayam, padahal keduanya tentu saja jenis spesies yang berbeda. Penting bagi peternak untuk memeriksa ayam yang mereka pelihara apakah terbebas dari tungau unggas utara. Tungau unggas utara juga disebut dengan sebutan northen fowl mite. Berbeda dari tungau ayam, tungau unggas utara tidak hanya ditemukan pada ayam di malam hari, melain bisa ditemukan baik di malam hari mauun siang hari. Ketika tungau unggas utara diperiksa pada ayam yang sudah berifestasi berat, maka akan terlihat tungau tersebut akan langsung merayap menuju tangan si pemeriksa. Pada ayam, ditemukan bulu di sekitar kloaka yang berwarna hitam, kemudian pada kulit ayam tersebut juga akan langsung mengelupas dan pecah.

Sebenarnya tungau unggas utara ini juga bisa menyerang jenis unggas lain seperti kalkun, burung kuau, burung gereja, tikus dan berbagai jenis burung liar. Sehingga penting untuk menjaga lingkungan kandang dari berbagai jenis unggas lain yang mungkin bisa membawa tungau tersebut. Adapun cara penyebaran tungu unggas utara ini bisa terjadi melalui beberapa perantara seperti sarana peternakan yang ada di lingkungan kandang.

Sedangkan untuk langkah pengendalian northen fowl mite ini bisa dilakukan dengan salah satu caranya adalah dengan cara pemberian insektisida. Salah satu cara pemberian pestisida tersebut yang paling mudah adalah dengan melalui spray yang bisa langsung diberikan pada ayam yang langsung bisa diarahkan pada bagian di sekitar kloaka. Adapun pada sarana peralatan kandang yang telah terinfeksi oleh tungau unggas utara tersebut juga bisa diberikan pestisida tersebut agar ayam yang sudah sehat tidak terserang lagi oleh tungau unggas utara yang berbahaya ini. Untuk menambah kekebalan ayam terhadap lingkungan yang bisa menyebabkan serangan penyakit tersebut, maka anda bisa memberikan ayam dengan imunomax. Imunomax tersebut memiliki fungsi bagi unggas agar daya tahannya meningkat. Nah, bagi anda yang mau order imunomax, anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

One thought on “Pengendalian Tungau Unggas Utara Pada Peternakan Ayam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *