Pengganti AGP Peternakan Ayam Broiler

Ayambroiler.com – usaha peternakan ayam adalah salah satu usaha yang sudah dikenal sebagai usaha yang menjanjikan untuk masa depan. Meskipun sekilas terlihat seperti usaha skala kecil, namun jika digeluti dengan tekun maka bukan tidak mungkin akan menghasilkan keuntungan yang fantastis bagi pelaku bisnisnya. Hal ini tentu saja sudah dibuktikan dengan munculnya para peternak handal yang bisa menghasilkan omset jutaan hingga ratusan juta. Kita tahu dulunya beternak ayam hanyalah sebagai salah satu hobi untuk mengisi pekarangan rumah yang kosong. Namun siapa sangka saat ini banyak yang beternak ayam dengan membangun kandang di lahan yang benar-benar dipilih dengan baik agar usaha peternakan ayamnya tersebut bisa mengikuti jejak kesuksesan yang telah diraih oleh para peternak handal terdahulu.

Saat ini, dalam dunia bisnis peternakan ayam sudah diperkenal dengan AGP. AGP dalam istilah peternakan tersebut adalah singkatan dari antibiotic growth promoter. Kita tahu bahwa salah satu tujuan utama dalam usaha peternakan ayam ini adalah untuk mendapatkan keuntungan berupa keuntungan dari hasil penjualan ayam. Namun, yang terjadi adalah peternak menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan termasuk menggunakan AGP sebagai tambahan pakan dengan tujuan agar pertumbuhan ayam lebih optimal dari pada ayam yang hanya diberi pakan biasa. Sehingga, banyak peternak pendahulu yang menggunakan AGP dalam usaha peternakan bisa meraih keuntungan yang luar biasa. Hal ini tentu saja menarik perhatian para peternak lainnya untuk menggunakan AGP tersebut.

Akan tetapi, penggunaan AGP di dunia peternakan ayam rupanya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dikarenakan efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan AGP tersebut. Mengingat penggunaan AGP tersebut disamping bisa menggenjot pertumbuhan unggas, akan tetapi di sisi lain juga memberi dampak negatif terhadap kualitas hasil ternak ayam yang telah beredar dipasaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh lembaga yang berwenang, rupanya penggunaan AGP tersebut tidak baik dilakukan dikarenakan zat yang terkandung pada AGP tersebut tidak mudah diserap ayam sehingga hasil ternak yang dipanen dan dipasarkan ke masyarakat masih mengandung zat kimia dalam AGP tersebut. Hal ini tentu saja tidak baik bagi kesehatan konsumen apabila terus-menerus mengkonsumsi hasil ternak ayam yang mengandung zat residu dari AGP yang ditinggal di hasil ternak ayam tersebut.

Oleh karena itu, pemerintah telah mengatur penggunaan AGP di peternakan ayam ini dengan keputusan jelas melarang peternak menggunakan AGP ini. Pemerintah dengan tegas mengatur penggunaan AGP tersebut dan resmi mulai 1 januari 2018, penggunaan antibiotic sebagai pemicu pertumbuhan dengan tegas tidak diperbolehkan. Sehingga, setiap penggunaan AGP pada peternakan ayam akan dilakukan tindakan yang tegas. Hal ini tentu saja menjadi pukulan tersendiri bagi para peternak yang terbiasa menggunakan AGP dalam usaha peternakan ayam yang digelutinya. Namun, sebenarnya ada cara atau alternatif lain yang bisa dilakukan oleh peternak dalam mengatasi larangan penggunaan AGP tersebut yaitu menggunakan pengganti AGP.

Pengganti AGP peternakan ayam broiler dapat bervariasi sesuai dengan kemampuan peternak. Adapun sebenarnya terdapat beberapa alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti AGP tersebut. Salah satu supleman yang bisa digunakan sebagai pengganti adalah vitamax. Vitamax tersebut dapat digunakan sebagai pengganti AGP dikarenakan vitamax tersebut mengandung prebiotik yang bisa menjadi alternatif pengganti AGP tersebut. Dengan vitamax ini, maka akan membantu performa ayam untuk memiliki performa tertinggi. Nah, bagi anda yang mau order vitamax, anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

One thought on “Pengganti AGP Peternakan Ayam Broiler”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *