Pentingnya Mengatasi Cekrek Pada Ayam

Ayambroiler.com – salah satu kunci sukses dalam beternak ayam adalah dengan mencaga kesehatan ayam. Kita tahu bahwa saat ini banyak orang mulai memilih unggas ayam sebagai hewan yang dipelihara dan diternakkan. Hal ini tidak lepas karena saat ini dunia industri ayam mulai menyebar luas dan pasar yang membutuhkan hasil peternakan ayam juga sudah terbuka. Adanya peternak baru di dunia ternak ayam membawa efek yang bagus bagi pasar karena konsumen akan lebih mendapatkan yang mereka inginkan. Namun sebaliknya, kalau hasil panen para peternak ayam kurang maksimal maka hal ini juga tidak baik untuk pasar dan konsumen. Salah satu penyebab yang bisa menghasilkan hasil panen yang kurang maksimal adalah penyakit ayam, salah satunya penyakit cekrek.

Penyakit cekrek merupakan salah satu peyakit ayam yang apabila telah terjadi pada ayam, maka akibatnya bisa fatal bila dibiarkan begitu saja. Terlebih pihak yang paling dirugikan adalah dari peternak ayam itu sendiri. Karena, apabila kesehatan ayam terhambat, maka yang terjadi adalah hasil panen ayam yang kurang maksimal dari segi ekonomis. Oleh karena itu, penyakit cekrek ini harus diantisipasi dengan baik oleh peternak apabila tidak ingin rugi dalam usahanya beternak ayam. Nah, untuk bisa mengatasi penyakit ini, kita harus tahu terlebih dahulu apa sih penyakit cekrek ini dan bagaimana bisa terjadi ayam beserta bagaimana cara penanganan yang tepat.

Definisi penyakit cekrek ini memiliki sebutan lain yaitu penyakit ngorok. Mungkin bagi sebagian dari anda lebih familiar dengan nama penyakit ngorok ini. Mungkin orang menyebut penyakit ngorok dikarenakan salah satu gejala yang menonjol pada ayam yang terkena penyakit ini adalah ayam yang bersuara seperti orang tidur yang sedang mengorok. Nah, itulah salah satu gejala yang paling menonjol pada ayam yang sudah terkena penyakit cekrek ini. Sebenarnya mencegah penyakit ini adalah hal yang lebih baik dari pada harus mengobati. Akan tetapi, kalau ayam sudah terlanjur terserang penyakit ini, maka peternak harus segera bertindak agar ayam tidak semakin parah sakit.

Selain gejala bersuara mengorok diatas, ada gejala lain yang bisa terjadi pada ayam yang mengalami penyakit cekrek ini. Gejala ini lah yang bisa merugikan pagi peternak, yaitu gejala berkurangnya nafsu makan. Iya, ayam yang sakit cekrek akan mengalami penuruan nafsu makan sehingga berapapun pakan yang disediakan peternak akan menjadi sia-sia kalau penyakit ini tidak segera diatasi. Ayam yang kurang makan seperti ayam yang terkena penyakit cekrek ini akan berakibat pada bobot ayam yang berkurang dari bobot biasanya. Sehingga, kalau bobot ayam ketika panen tidak sesuai, maka yang terjadi adalah peternak itu sendiri yang akan dirugikan.

Karena penyakit cekrek ini bisa mengakibatkan kerugian bagi peternak itu sendiri, maka tentu saja penyakit ini adalah penyakit yang tentu dihindari bagi para peternak. Oleh karena itu, penting bagi peternak untuk senantiasa memelihara kesehatan ayam-ayamnya dengan hati-hati. Selain itu, kewaspadaan peternak juga harus cermat terhadap karakteristik ayam yang dipeliharanya. Apabila terdapat gejala tertentu yang menandakan ayam mulai terserang penyakit cekrek diatas, maka peternak bisa dengan segera mengatasinya tanpa harus panik. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit cekrek atau ngorok ini adalah dengan memberinya obat terntentu yang cocok. Salah satu obat yang cocok untuk penyakit cekrek ini adalah maxx x. Nah, bagi anda yang mau order maxx x ini, anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

Facebook Comments

One thought on “Pentingnya Mengatasi Cekrek Pada Ayam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *