Penyakit Aspergilosis Pada Ayam Yang Harus Dicegah

Ayambroiler.com – masa memulai bisnis adalah masa dimana kita akan mencari-cari jenis bisnis yang cocok untuk kita. Memilih bisnis peternakan ayam tentu bisa menjadi pilihan yang mudah ketika kita tahu ada prospek yang bagus untuk bidang bisnis peternakan ayam ini. Sebelum memulai bisnis, ada banyak hal yang perlu disiapkan. Mulai dari mencari pasar yang akan kita pasok, memikirkan pemodalan hingga cara untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dari bisnis yang kita jalankan.hal tersebut wajar karena setiap pebisnis kebanyakan ingin mendapatkan keuntungan dari apa yang diusahakannya tersebut. Akan tetapi, disamping memikirkan keuntungan yang akan didapatkan, ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu tentang cara perawatan ayam termasuk cara untuk menghindarkan ayam dari berbagai penyakit. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh peternak agar nantinya usaha peternakan ayam yang diusahakannya bisa sukses seperti para peternak pendahulu.

Memang sudah banyak peternak ayam yang telah mengalami keberhasilan beternak ayam di masa lalu. Karena, usaha peternakan ayam ini memang memiliki prospek yang bagus bahkan di masa lalu sekalipun. Tidak heran kalau saat ini ada berbagai jenis pelatihan atau seminar mengenai tips sukses beternak ayam ini. Karena sudah sejak dahulu ada banyak peternak yang sukses dan mungkin mau berbagi rahasia kesuksesan melalui berbagai pelatihan dan seminar tersebut. Dan salah satu cara untuk sukses beternak ayam tentunya adalah terkait bagaimana caranya untuk mengatasi berbagai penyakit yang mungkin menjangkiti ayam yang diternakkan.

Kali ini kita akan membahas salah satu penyakit ayam yang bernama aspergilosis. Penyakit ayam yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai karena termasuk salah satu jenis penyakit yang belum ada obatnya. Ada banyak penyebab penyakit ayam, dan penyakit aspergilosis merupakan satu diantara penyakit yang disebabkan oleh jamur. Jenis jamur yang menjadi penyebab adalah aspergilus fumigatus dan aspergilus flavus. Ayam yang mengalami penyakit ini tidak lain adalah karena lingkungan yang sudah tercemar kedua jamur tersebut kemudian terhirup oleh ayam. Sebenarnya ayam memiliki kekebalan tubuh yang cukup terhadap beberapa jenis jamur, akan tetapi kalau ayam dalam kondisi stress maka akan mudah terserang oleh kedua jenis jamur tersebut sehingga terjadi penyakit aspergulosis. Untuk mengetahui ayam yang mengalami penyakit ini, dapat dilihat dari beberapa gejala yang ditunjukan dibawah ini.

  1. ayam mengalami gasping, atau dengan kata lain ayam terlihat megap-megap atau sulit bernapas
  2. ayam akan terlihat kurus
  3. disertai ayam kehausan dan menjadi dehidrasi
  4. jika infeksi sudah terjadi pada otak, berpotensi terjadi gangguan keseimbangan
  5. tingakat mortalitas bisa mencapai 40%
  6. kalau masih kronis, mortalitas bisa lebih rendah
  7. dan juga bisa terjadi infeksi dan terjadi keradangan pada mata ayam

Kalau ayam yang diternakan sudah mengalami beberapa gejala di atas, maka sebaiknya ayam tersebut dengan segera dipisahkan dari kelompok ayam yang sehat. Karena seperti yang kita ketahui penyakit ini belum ada obatnya, jadi penting untuk mencegah terjadinya penularan penyakit ke ayam lain yang masih sehat. Usaha terbaik yang bisa dilakukan oleh peternak adalah dengan malakukan langkah pencegahan terhadap penyakit aspergilosis ini. Untuk mencegah terjadinya penyakit ini tidak lain adalah dengan memperketat manajemen. Hal-hal sepele seperti penyimpanan pakan yang aman dari tumbuhnya spora adalah salah satunya. Tidak lupa kebersihan kandang juga perlu dijaga. Oleh karena itu sanitasi atau desinfeksi perlu dioptimalkan untuk mencegah ayam dari penyakit ini. Nah, bagi anda yang mau order desinmaxx, anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

One thought on “Penyakit Aspergilosis Pada Ayam Yang Harus Dicegah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *