Penyakit Kolibasilosis Yang Terjadi Pada Ayam

Ayambroiler.com – saat ini permintaan daging maupun telur ayam di indonesia tergolong banyak. Hal ini bukanlah hal yang baru lagi bagi kita. Kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi kian meningkat, termasuk kesadaran untuk mengkonsumsi daging maupun telur ayam. Nah, untuk memenuhi banyaknya permintaan tersebut, satu hal yang bisa dilakukan adalah memproduksinya secara masal. Tidak heran saat ini kita sering mnjumpai banyaknya peternak ayam yang menyebar di indonesia. Hal ini bukan lain adalah untuk memenuhi permintaan pasar agar kebutuhan gizi masyarakat bisa terpenuhi dengan baik. Akan tetapi memproduksi hasil peternakan ayam bukanlah suatu hal yang mudah, karena unggas seperti ayam termasuk salah satu hewan yang rentan penyakit apabila lingkungannya tidak bersahabat. Salah satu penyakit yang bisa menyerang ayam adalah penyakit kolibasilosis.

Kolibasilosis merupakan salah satu penyakit yang tidak diharapkan oleh para peternak ayam. Karena penyakit yang satu ini bisa mengakibatkan hal buruk yang fatal bagi kesehatan ayam. Namun, penyakit yang satu ini bisa menyerang ayam dari segala umur dari yang paling kecil hingga yang tua sekalipun. Sehingga para peternak tidak ada pilihan lagi selain harus selalu waspada terhadap berbagai kemungkinan yang bisa terjadi pada ayam yang mereka pelihara. Nah, untuk mengetahui apa saja gejala yang terjadi pada ayam yang mengalami penyakit kolibasilosis ini, anda berikut adalah beberapa gejala yang bisa terjadi pada ayam.

  1. ayam semakin kurus dan bulunya kusam
  2. ayam jadi tidak nafsu makan
  3. pertumbuhan ayam terganggu
  4. terjadi diare pada ayam
  5. serta lengket di area pantat
  6. ayam bisa pincang dan mata buta

Itulah tanda-tanda atau gejala yang bisa saja terjadi pada ayam yang mengalami penyakit kolibasilosis. Bagi anda sebagai peternak, sebaiknya anda lebih menjaga ayam dan lingkungan disekitarnya agar bisa terhindar dari penyakit yang satu ini. Karena penyakit yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang ayam segala umur dan akibatnya bisa fatal.

Harapannya adalah agar semua ayam yang dipelihara para peternak dimanapun mereka, bisa terhindari dari penyakit yang satu ini. Nah, oleh karena itu perlu dilakukan upaya pencegahan yang benar terhadap penyakit yang satu ini agar ayam bisa sehat dari kecil hingga masa produktif. Lalu, apa saja cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kolibasilosis ini? Berikut ulasannya.

Pencegahan yang utama sebenarnya adalah hal yang simpel, yaitu dengan manjaga sanitasi kandang. Tentu hal ini adalah hal dasar yang harus dilakukan oleh para peternak untuk memelihara ayam-ayam mereka, sehingga bukan lagi hal yang baru dan sulit untuk dilakukan. Selain menjaga sanitasi kandang, hal lainn yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga suhu lingkungan unggas. Unggas juga memiliki ketahanan tubuh yang mudah terserang ketika pergantian musim, sehingga hal ini harus diperbaiki oleh peternak itu sendiri. Usahakan agar tidak terlalu lembab bagi unggas. Adapun kandang yang baik adalah kandang yang bagian dalamnya bisa atau bisa memperoleh sinar matahari di siang hari. Dengan suhu kandang yang terjaga, maka ayam akan lebih terlindung dari penyakit kolibasilosis ini.

Selain kadar suhu yang perlu diperbaiki, kadar amonia juga harus diperbaiki. Karena kadar amonia yang terlalu tinggi tidak akan berdampak baik bagi ayam yang anda perlihara. Oleh karena itu, peternak harus jeli untuk mengontrol kadar amonia di lingkungan kandang mereka. Selain itu, ayam juga harus diberi pakan dan minuman yang cukup bergizi untuk pertumbuhan ayam. Nutrisi sangat diperlukan ayam untuk pertumbuhan ayam. Nah, bagi anda yang mau order imunomax untuk menambah kekebalan tubuh ayam, anda bisa order dengan cara klik disini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *