Penyakit Mareks pada Ayam

Etiologi atau penyebab penyakit mareks adalah viru DNA. Penyakit ini menyerang semua jenis unggas tanpa pandang bulu. Pada ayam, penyakit mareks menyerang ayam-ayam yang masih muda, setelah ayam berumur 3 minggu. Penyakit mareks menyebar ke seluruh dunia, baik yang beriklim tropis maupun sub tropis termasuk Indonesia. Apabila terinfeksi penyakit mareks, maka virus ini akan masuk melalui kulit ke dalam tubuh ayam dan biasanya melaui kulit-kulit kotor oleh debu atau kotoran lainnya, terutama debu-debu pada kandang. Karena itu kandang harus selalu diusahakan bersih dari debu-debu bekas pada saat molting.

Ayam yang terserang organ dalamnya secara akut (mendadak) sebagian besar depresi sebelum mati. Sebagian tanpa gejala tertentu. Gejala umum terserang mareks adalah : Kelumpuhan pada satu atau dua kaki atau sayap, ayam mengalami dehidrasi (kehilangan cairan tubuh) sehingga ayam menjadi kurus kering, Proventrikulus mengalami tumor, limpa, hati dan ginjal membesar, kepala yam bisa menggantung dan meluntir, tembolok melebar dan sulit bernafas, pucat, berat badan turun, tidak punya nafsu makan dan diare. Salah satu pembawa penyakit mareks dan penyakit lainnya pada ayam, seperti Salmonelosis, Cacar ayam, Koksidosis dan ND (Newcasle disease) yaitu hewan kumbang. Virus mareks yang betah pada lingkungan buruk, ‘dipelihara’ oleh kumbang dalam tubuhnya. Ketika dikonsumsi oleh ayam, kumbang membawa kuman penyakit ini. Dengan mudah bibit penyakit mareks pindah dari tubuh kumbang ke tubuh ayam. Munculnya kumbang di peternakan, sangat mudah terjadi. Kumbang dewasa maupun larva (yang dikenal sebagai cacing penghancur tanaman) sangat menyukai pakan unggas, padi-padian dan biji-bijian yang basah, lembab, berjamur dan kondisinya buruk. Tempat yang disukai adalah litter yang kondisinya buruk, basah dan lembab sangat mudaha menjadi sarang penyakit, ataupun vektor pembawa bibit penyakit seperti cacing, tungau, kutu caplak.

Cara pencegahan terhadap penyakit mareks, selain dengan menjaga kebersihan/sanitasi kandang dengan memperketat biosekuritas, juga dengan meningkatkan kekebalan tubuh ayam dengan melakukan vaksinasi mareks dan pemberian pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam secara lengkap. Vitamax merupakan suplemen tambahan yang sangat tepat bagi ayam, karena mengandung natural vitamin dan chelated mineral, asam amino, prebiotic, enzym dll yang sangat berperan dalam menjaga kestabilan metabolisme tubuh ayam, sekaligus Vitamax berperan dalam mempercepat pertumbuhan ayam sehingga produktivitas ayam dapat maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *