Penyakit Ngorok pada Broiler

maxx ngorok cekrek ayamNgorok sendiri bukanlah suatu penyakit, namun merupakan suatu gejala klinis dari penyakit yang menyerang saluran pernafasan ayam. Hal ini dapat terjadi dikarenakan agen bakterial, viral, juga fisik seperti udara yang berdebu, perubahan cuaca, amonia yang tinggi, dll. Beberapa penyakit yang merupakan manifestasi dari ngorok adalah CRD, ILT, Coryza, ND, IB, TRT/SHS, AI. Gangguan pernafasan sering kali terjadi pada ayam broiler, terutama untuk ayam yang dipelihara pada kandang postal. Kejadian tersebut dipicu beberapa hal baik dari dalam tubuh ayam ataupun dari lingkungan luar. Adanya ketidakseimbangan antara kondisi ayam dengan lingkungan merupakan penyebab utamanya.

Ayam broiler secara genetik memiliki kemampuan tumbuh yang lebih cepat dibandingkan dengan ayam jenis lain. Pertumbuhan yang terlampau cepat tidak seimbang dengan organ vital seperti jantung dan paru-paru. Untuk menunjang pertumbuhan ayam yang cepat, paru-paru dipaksa bekerja keras untuk mensuplai oksigen untuk metabolisme tubuh, dan jantung dipaksa untuk mengalirkan darah yang kan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Saluran pernafasan ayam secara alami dilengkapi dengan pertahanan mekanik. Permukaannya dilapisi dengan mukosa dan terdapat silia serta mukus yang berfungsi menyaring udara yang masuk. Di saluran pernafasan atas ini partikel yang besarnya lebih dari 4 mikron akan didorong keluar oleh silia dan mukus yang ada. Disaluran pernafasan atas selain mengalami penyaringan udara juga mengalami penghangatan. Dan berikutnya di saluran pernafasan bawah terjadi lagi penyortiran partikel yang lebih kecil.

Kandang ayam dengan sistem postal yang memakai sekam sebagai litternya, tingkat kepadatan, kelembaban, dan temperatur kandang, ventilasi, akan berpengaruh pada kualitas udara di dalam kandang. Banyak partikel debu di udara akan memberatkan bagi saluran pernafasan ayam. Amonia yang terhirup dapat mengiritasi saluran pernafasan, dan menyapu silia pada mukosanya. Pemberian vaksin ND/IB melalui tetes mata, hidung, dan spray akan merangsang kekebalan ayam pada kondisi normal. Namun, bila saluran pernafasan ayam terganggu akan menyebabkan reaksi post vaksinasi yang berat seperti ngorok dan batuk. Dan yang lebih parah, gabungan dari beberapa gangguan diatas akan menyebabkan Chronic Respiratory Disease (CRD). Ayam namapak batuk, ngorok, bersin, keluar lelehan dari mata, dan hidung. Jika bakteri E. Coli ikut akan terjadi keadaan yang lebih parah dengan munculnya CRD Complex.

Nah saat ini ada obat ngorok / cekrek / CRD yang sangat efektif atasi ngorok / cekrek / CRD maupun snot pada ayam broiler yaitu MAXX. Kebanyakan aplikasi obat ngorok cekrek CRD adalah melalui air minum, namun berbeda dengan MAXX, MAXX aplikasi semprot kabut ke ayam yang terkena indikasi ngorok cekrek CRD SNOT, terbukti efektif membasmi sumber infeksi langsung pada sumber infeksi. Dengan dosis 1ml / liter air sehari cukup sekali, namun jika ngorok CRD sudah cukup parah anda bisa aplikasikan MAXX sehari 2x.

untuk pesanan MAXX silahkan call / sms 085743647769

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *