Penyakit pada Ayam Broiler

promo ayambroiler 2 photo promoweb2_zps82939340.jpg

Ada berbagai penyakit yang dapat menjangkiti ayam broiler, diantara penyakit yang sering menyerang adalah tetelo, gumboro, ngorok, berak kapur dan hama tungau. Adapun penyakit ngorok merupakan penyakit utama dari ayam broiler. Untuk itu, perlu adanya pengetahuan oleh para peternak agar terhindar dari penyakit tersebut yang dapat menghambat pertumbuhan bahkan dapat menyebabkan kematian massal, bila tidak ditangani dengan benar.

Salah satu cara untuk pencegahan penyakit yang biasa dilakukan adalah dengan cara vaksinasi. Sebenarnya vaksinasi sendiri adalah pemasukan bibit penyakit yang dilemahkan ke tubuh ayam untuk menimbulkan kekebalan alami. Salah satu vaksinasi yang penting adalah vaksinasi tetelo. Vaksinasi biasa dilakukan pada ayam berumur empat hari dengan metode tetes mata dengan vaksin ND strain B1, dan pada umur 21 hari dengan vaksin ND Lasotta melalui suntikan atau air minum.

Selain itu, sanitasi kandang yang baik juga dapat mencegah perkembangbiakan penyakit. Sanitasi kandang dapat dilakukan setelah panen. Dilakukan dengan bebebrapa tahap, yaitu pencucian kandang dengan air hingga kotoran yang tersisa dari pemeliharaan sebelumnya tidak ada. Tahap kedua, yaitu pengapuran di dinding dan lantai kandang. Untuk menyempurnakan proses sanitasi dilakukan penyemprptan dengan formalin, bertujuan untuk membunuh penyakit. Setelah itu, dibiarkan antara 10-14 hari sebelum budidaya kembali untuk memutus siklus hidup virus dan bakteri, yang tidak mati oleh perlakuan sebelumnya.

Berikut ini beberapa penyakit yang sering menyerang ayam broiler :

1. Tungau (Kutuan)
Gejala dari penyakit ini adalah ayam gelisah, sering mematuk dan mengibaskan bulu karena gatal pada tubuhnya, nafsu makan turun, pucat, dan kurus. Adapun cara pengendaliannya adalah : sanitasi lingkungan kandang yang baik, ayam yang sakit segera dipisahkan dengan ayam yang sehat, fumigasi atau pengasapan menggunakan insektisida yang mudah menguap seperti Nocotine sulfat atau Black leaf 40.

2. Tetelo (Newcastle Disease)
Penyakit ini disebabkan oleh virus paramyxo yang menggumpal dalam sel darah. Gejala-gejala dari penyakit ini adalah ayam sering megap-megap, nafsu makan turun, diare, dan senang pada tempat yang hangat. Setelah 1-2 hari terjangkit muncul gejala seperti kaki lumpuh, leher terpluntir, dan ayam berputar-putar hingga mati. Ayam yang terserang tetelo sebaiknya dapisah karena dapat menular melaui kotoran dan pernapasan.

3. Gumboro (Infectious Bursal Disease)
Merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus golongan Reovirus yang menyerang sistem kekbalan tubuh ayam broiler. Gejala diawali dengan timbulnya diare, nafsu makan menurun, ayam bergerak tidak teratur, tubuh bergetar, dan peradangan di sekitar dubur. Tetelo sering menyerang pada ayam berumur 36 hari. Belum ada penyakit yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Satu-satunya adalah dengan melakukan pencegahan melalui vaksin Gumboro.

4. Penyakit Ngorok (Chronic Respiratory Disease)
Merupakan infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri Myoplasma Gallisepticum. Gejala yang timbul adalah ayam bersin, ingus dari hidung, dan ngorok saat bernafas. Jika menyerang ayam muda, penyakit ini meneyebabkan tubuh lemah, sayap terkulai, mengantuk, dan kotoran berwarna hijau, kuning, keputih-putihan. Penularan dapat melalui pernafasan dan lendir atau melalui perantara lain.

5. Berak Kapur (Pullorum)
Penyakit ini mudah terlihat dari warna kotoran yang ada terlihat diare pada ayam berwarna putih dan setelah kering menjadi serbuk putih. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum. Kematian dapat terjadi setelah ayam 4 hari terinfeksi. Penularannya melalui kotoran. Pengobatan penyakit ini belum begitu memuaskan.

Obat-obatan untuk mengatasi penyakit pada ayam broiler antara lain antibiotik, vaksin, dan vitamin. Sebenarnya obat-obatan adalah pendukung. Sanitasi dan tata laksana pemeliharaan yang benar adalah yang utama. Obat-obatan yang bagus dan mahal tidak akan ada gunanya apabila manajemen pemeliharaannya buruk.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

drh admin

Admin ayambroiler.com at Ajairu Indonesia
Semoga semua artikel yang kami tulis bermanfaat untuk kesuksesan kita semua, amiin

salam broiler

Latest posts by drh admin (see all)

Comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>