Penyebab ayam broiler bersin-bersin dan cara mengatasi

Sebelum anda membaca artikel tentang bersin – bersin pada ayam broiler sebaiknya anda membaca artikel yang sudah kami tuli tentand Coryza dan juga CRD:

Mengatasi Coryza pada Ayam
dan

Penyakit Ngorok / cekrek / CRD dan Cara Pencegahannya

Dari artikel-artikel diatas sudah dibahas beberapa penyakit yang mungkin ada pada peternakan ayam broiler anda. Bersin-bersin pada ayam broiler bisa jadi adalah gejala klinis dari penyakit snot / coryza, Adanya iritasi pada saluran pernafasan sehingga ayam bersin-bersin.

Penyebab bersin bersin pada ayam broiler apa ya??

1. Bau amonia yang tinggi

Gas amonia dengan kadar tinggi mampu mengiritasi saluran pernafasan, usahakan bau amonia masih dalam batas wajar. Anda bisa menambahkan suplemen VITAMAX untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan sehingga metabolisme berjalan optimal dan feses yang dikeluarkan cepat kering sehingga bau berkurang.

2. Kandang yang berdebu

Kandang yang berdebu baik akibat dari litter maupun dari daerah sekitar kandang bisa berakibat pada iritasi disaluran pernafasan, Debu-debu yang berterbangan memiliki potensi membawa pathogen yang akan menyerang saluran pernafasan

3. Cuaca ekstrim

Cuaca yang ekstrim, misal habis panas terik langsung turun hujan, ini akan mengakibatkan daya tahan ayam drop sehingga memudahkan agen pathogen masuk ke ayam tanpa adanya pertahanan yang berarti.

Langkah-langkah apa yang perlu dilakukan untuk mencegah bersin-bersin??

Usahakan 3 hal diatas bisa anda atasi agar kemungkinan penyebab bersin-bersin tidak ada lagi. Selalu berikan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam dan juga untuk memaksimalkan fungsi pencernaan ayam broiler. Selain vitamax dan juga bisa menggunakan IMUNOMAX untuk meningkatkan imunitas ayam pada level tertinggi. Selalu cuci tempat minum dengan desinfektan supaya kemungkinan penularan dari air minum bisa di minimalisir. Sendirikan dan buat sket tersendiri buat ayam yang sudah bersin-bersin agar tidak menular ke ayam yang sehat.

Cara mengatasi bersin-bersin pada ayam broiler

Untuk mengatasi bersin-bersin pada ayam broiler maka langkah antisipasi seperti tulisan diatas wajib anda lakukan, untuk mengurangi penyebaran dan juga penularan pada ayam yang lain. Jika langkah-langkah diatas sudah anda lakukan, langkah selanjutnya adalah:

1. pisahkan ayam yang bersin-bersin

2. lakukan pengobatan dengan MAXX, MAXX cara aplikasi semprot kabut ke ayam broiler. dosis 1ml / liter air. 1  botol berisi 20 ml untuk 20 liter air semprot kabut ke ayam menggunakan sprayer maupun nozzle dibantu kipas angin.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesuksesan ternak ayam broiler anda.

jika anda membutuhkan maxx untuk atasi ngorok pada ayam anda call / wa 082233540789 / 082300015354 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *