Penyebab dan cara mengatasi ayam broiler lumpuh

promo ayambroiler 2 photo promoweb2_zps82939340.jpg

ayam broilerSering kali peternak ayam broiler mengeluhkan tentang kelumpuhan pada ayam mereka. Ayam broiler lumpuh memang sering datang pada tiap periode pemeliharaan, ada beberapa penyebab yang mungkin mengakibatkan kelumpuhan pada ayam broiler anda. Kelumpuhan pada ayam biasanya diumur 1 bulan keatas, lumpuh parah bisa sampai 50% dari populasi.

Sebenarnya karena apa sih kok bisa lumpuh, kemungkinan bisa karena DOC dan juga bisa karena manajemen pemeliharaaan. Pola pemberian pakan dan kualitas pakan juga berpengaruh pada terjadinya kelumpuhan ini. Tidak seimbangnya nutrisi yang diberikan ke ayam akan sangat berpengaruh. Maka dari itu keseimbangan nutrisi akan sangat penting untuk kesuksesan ternak ayam broiler anda. Misalnya saja ayam untuk pertumbuhan saraf dan dan tulang banyak memerlukan mineral dan vitamin, sedangkan untuk pertumbuhan otot memerlukan protein yang cukup.Ketidak seimbangan akan memicu defisiensi nutrisi yang akan mengakibatkan pada pertumbuhan organ yang tidak sinergi.

Apasih yang menyebabkan kelumpuhan ??

Seperti telah ditulis diparagrap diatas biasanya pemicunya adalah karena

1. ketidakseimbangan kadar nutrisi dalam pakan ayam broiler.

Jika kandungan kaarbohidrat dan lemak terlalu tinggi sedangkan protein, mineral dan vitaminnya rendah maka ayam lebih tumbuh ke penimbunan lemak sedangkan pertumbuhan otot dan juga kerangka tulang akan lemah, sehingga kaki ayam akan lemah dan lumpuh karena tidak kuat menahan laju pertumbuhan.

2. Adanya penyakit pada ayam yang menyerang

Adanya serangan penyakit pada ayam broiler juga bisa mengakibatkan kelumpuhan pada ayam, namun prinsipnya juga karena tidak seimbang nutrisi. Ketika ayam terkena infeksi penyakit seperti koksidiosis, CRD, SNOT dll maka kinerja fungsi pencernaan juga akan terganggu,Penyerapan nutrisi pada sistem metabolisme tidak terjadi secara optimal sehingga ayam akan kekurangan nutrisi tertentu.

3. Rachitis

Penyakit rachitis pada ayam akan menunjukkan gejala seperti  tulang-tulang yang salah bentuknya, paruh ayam yang menjadi lunak, kelemahan pada kaki, kaki yang bengkok, gaya jalan ayam broiler kaku, tulang pada  dada bengkok,  keseimbangan badan kurang sempurna, bulu kusam dan juga angka kematian yang tinggi.

Gejala klinis lumpuh pada ayam broiler

1. Kaki sebelah kanan atau kiri menjulur ke luar sebatas sendi.

ini terjadi akibat pertumbuhan sendi yang tak sempurna.

2. Sendi pada kaki membengkak, ayam malas berdiri.

Biasanya terjadi pada ayam umur 2 mingguan, disebabkan oleh kekurangan mineral. Akibat dari kekurangan mineral / mangan ini sendi kaki semakin membesar, sehingga kaki menjulur ke luar atau kedepan, di mana posisi sendi menahan alas lantai

3. Keadaan kaki lemah.

biasanya pada umur ayam 25 keatas dimana Pertumbuhan badan terlalu cepat yang tidak dibarengi dengan pertumbuhan jaringan otot pada kaki sehingga tidak mampu menahan berat badan ayam. Ini akan berakibat ayam lumpuh.

4. Kedua kaki melebar ke samping kanan dan kiri.

Ini juga terjadi karena kekurangan mineral, seng dan juga vitamin.

Gimana cara mengatasi kelumpuhan pada ayam broiler??

Untuk penyebab nomor 1 alias karena tidak seimbangnya nutrisi dalam ransum pakan ayam broiler anda bisa menambahkan suplemen VITAMAX untuk keseimbangan nutrisi yang optimal. VITAMAX mampu meningkatkan kualitas pakan ayam. VITAMAX dengan kandungan super komplit seperti Chelated mineral, Asam Amino, Natural VITAMIN, Enzym, PREBIOTIC dan zat-zat lain yang diperlukan ayam untuk pertumbuhan yang optimal. VITAMAX juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga ayam lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Untuk penyebab no 2 alias karena infeksi penyakit, maka sebaiknya lakukan langkah2 pencegahan, namun jika ayam sudah terserang penyakit alangkah baiknya segera diobati.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

drh admin

Admin ayambroiler.com at Ajairu Indonesia
Semoga semua artikel yang kami tulis bermanfaat untuk kesuksesan kita semua, amiin

salam broiler

Comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>