Peralatan Kandang Ayam Broiler

promo ayambroiler 2 photo promoweb2_zps82939340.jpg

Kandang merupakan tempat tinggal bagi ayam dalam melakukan aktifitasnya, mulai dari makan, minum serta tumbuh dan berproduksi. Banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang ayam broiler. Tentu saja hal tersebut sangat penting bagi industri perunggasan karena bersentuhan langsung dengan perhitungan ekonomi yang harus dipertimbangkan. Ketika kan membangun kandang untuk ayam broiler, hal yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan air dan ventilasi udara agar ayam selalu mendapat udara segar. Perlu pertimbangan ulang bila lahan yang akan dibuat kandang tidak memiliki ketersediaan air bersih dan ventilasi udara terhalang oleh bangunan lain atau keadaan alam seperti tebing. Orientasi kandang yang baik adalah melintang ke timur dan barat untuk mengurangi jumlah matahari yang masuk ke kandang ataupun memanasi sisi samping kandang pada jam-jam suhu panas. tujuannya adalah untuk mengurangi fluktuasi antara suhu dingin dan suhu panas dalam 24 jam. Suhu yang nyaman dalam kandang akan berimbas pada efektifitas konversi pakan dan pertumbuhan ayam broiler.

Setelah memperoleh lokasi yang tepat untuk membuat kandang, hal selanjutnya yang dipersiapkan adalah peralatan kandang. Terutama adalah tempat pakan dan minum ayam, tempat pakan dapat terbuat dari plastik yang biasa dijual di pasaran ataupun membuat sendiri dari papan kayu. Biasanya ada dua jenis tempat pakan, yakni yang berbentuk piring maupun bulat. Tempat pakan yang baik adalah tempat pakan yang sesuia dengan umur ayam, tidak mudah kotor terkena feses ayam, mudah digapai oleh ayam, tempat pakan haruslah cukup sehingga tidak terjadi perebutan pakan, dan praktis. Sedangkan untuk tempat minum terdiri dari 2 jenis, tempat minum manual dan otomatis. Tempat minum manual adalah tempat minum yang pengisiannya dilakukan secara manual setiap kali habis. Tempat minum harus selalu dicuci saat pengisian air untuk menjaga kebersihan dan kesegaran air minum. Tempat minum otomatis biasa terbuat dari bahan plastik, warnanya putih dengan berbagai kapasitas air. Tempat air minum otomatis adalah tempat minum yang secara otomatis terisi secara otomatis dari air yang dialiri dari selang yang berasal dari penampungan air. Ketinggian tempat minum sebaiknya setinggi bahu ayam agar mudah dicapai. Tempat minum yang terbuat dari plastik berwarna merah dengan ukuran tinggi 350 cm dan berat 536–558 gram berkapasitas 1.300 ml. Tempat minum ini harus dilakukan pencucian 2 kali pada pagi dan sore hari, untuk menjaga kesegarannya. Tempat minum otomatis biasa digunakan pada ayam yang berumur 14 hari sampai panen.

Peralatan selanjutnya adalah pemanas kandang, kita ketahui bahwa kenyamanan ternak sangat tergantung pada kondisi cuaca sekitar. Karena sistem pengatur suhu ayam belum mampu bekerja secara optimal pada awal kehidupan, agar stress tidak terjadi maka pemanas perlu digunakan pada kandang. Karena ketika terjadi penurunan suhu pada ayam, ayam dapat mengalami strees yang berakibat terjadi gangguan metabolisme tubuh seperti penyerapan kuning telur tidak maksimal sehinga pertumbuhan ayam menjadi terganggu. Ada berbagai jenis pemanas yang dapat diguanakan, seperti pemanas gas (gasolek), semawar dan pemanas dari kayu. Pemanas gas biasanya menggunakan LPG sebagai bahan bakar, selain mudah dirancang. Keunggulan dari pemanas ini adalah panas yang dihasilkan cukup, stabil, dan tidak menimbulkan polusi udara (asap). Semawar sendiri hanya memanfaatkan kompor atau tungku seperti yang digunakan oleh penjual mie keliling. Dahulu menggunakan minyak tanah, namun kini sudah menggunakan gas LPG. Pengadaan semawar memang lebih murah jika dibandingkan dengan pemanas gas modern. Tapi kelemahannya adalah nyala api sangat riskan terjadi kebakaran. Selain itu, tudung/payung sebagai pemfokus panas mudah rusak, sehingga banyak panas yang terbuang percuma, pembororsan gasn dan pergantian alat relatif sering dilakukan. Pemanas kayu merupakan cara tradisional, pengadaannya memang murah dengan menggunakan tong yang diisi dengan kayu bakar atau sekam, namun memiliki kekurangan karena suhu tidak bisa dikontrol, menimbulkan asap yang berbahaya bagi ayam karena menimbulkan gangguan pernafasan.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

drh admin

Admin ayambroiler.com at Ajairu Indonesia
suka menulis, rajin menabung, suka belajar, suka makan, suka yang baik baik , hehe

Latest posts by drh admin (see all)

Comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>