Prebiotik Bagi Ayam

promo ayambroiler 2 photo promoweb2_zps82939340.jpg

Prebiotik sejatinya adalah bahan makanan yang mengandung nutrisi, digunakan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bakteri baik yang sudah ada di dalam usus, tujuannya adalah untuk menekan bakteri patogen dengan cara mendominasi perkembangan di dalam usus. Prebiotik yang digunakan untuk pakan ternak adalah karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh, namun dapat dicerna oleh mikroba yang menguntungkan dalam tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan ayam. Prebiotik yang banyak dikenal dan digunakan adalah oligosakarida kedelai (yang terdiri dari rafinosa dan stakiosa), frukto-oligosakarida (nama lain oligofruktosa), Inulin, Laktulosa dan Laktosukrosa. Inulin dan oligofruktosa memiliki fungsi penting sebagai penyeimbang fungsi gastrointestinal sehingga dapat menyeimbangkan mikroflora kolon, dan modulasi hormonal. Pada umumnya semua produk prebiotik yang digunakan dapat meningkatkan pertumbuhan bifidobacterium.

Prebiotik secara alami ada beberapa tanaman alami seperti umbi-umbian, kedelai, bawang merah, bawang putih, dan produk susu lainnya. Dan tentu saja, beberapa produk pakan yang diproduksi oleh beberapa produsen pakan baik dari dalam maupun luar negeri telah menggunakan tanaman tersebut . Tetapi kadar prebiotik pada tanaman sangatlah kecil dan bervariasi tergantung jenis tanamannya. Sehingga perlu ditambahkan tambahan pakan yang mengandung prebiotik sesuai kebutuhan ayam untuk meningkatkan pertumbuhan atau produksinya. Meskipun penambahan prebiotik pada ayam tidak menunjukkan perubahan yang signifikan secara langsung.

Vitamax sebagai prebiotik alami memiliki beberapa keunggulan jika diberikan kepada ayam broiler atau unggas lainnya. Karena kandungannya yaitu natural vitamin, chelated mineral, asam amino, prebiotik, enzim, dan unsur penting lain yang diperlukan ayam atau unggas untuk mempertahankan status kesehatannya. Fungsi vitamax adalah mempercepat pertumbuhan unggas, meningkatkan daya cerna serta efisiensi pakan, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan stress lingkungan, meningkatkan daya tetas dan memperpanjang umur produksi telur, meningkatkan bobot dan produksi telur. Vitamax sangat tepat digunakan saat kondisi ayam pada peternakan mengalami penurunan produksi yang cukup mengkhawatirkan. Dengan penambahan biaya yang relatif kecil, dapat menekan kerugian yang disebabkan oleh penyakit ataupun stress lingkungan yang biasa terjadi pada peternakan rakyat di Indonesia.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

drh admin

Admin ayambroiler.com at Ajairu Indonesia
Semoga semua artikel yang kami tulis bermanfaat untuk kesuksesan kita semua, amiin

salam broiler

Latest posts by drh admin (see all)

Comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>