Suplemen obat vitamin herbal yang efektif mendongkrak performa ayam broiler

suplemen ayam broiler vitamaxAyam broiler terkenal memiliki produktifitas yang tinggi. Banyak suplemen,vitamin,herbal atau biasa orang menyebut dengan istilah obat yang berfungsi untuk memacu pertumbuhan ayam broiler beredar dipasar. Tentu kita harus cukup jeli untuk memilih produk suplemen atau vitamin untuk digunakan pada peternakan ayam broiler yang kita miliki. Anda pasti ingin mendapatkan hasil optimal untuk peternakan ayam broiler anda, performa ayam broiler yang baik dan juga keuntungan yang baik pula.

Indikasi performa yang baik bisa dilihat adalah diawal masa brooding, bobot pada minggu pertama minimal adalah 4 x bobot saat DOC datang. FCR atau feed convertion ratio kecil, bobot diatas standar atau sesuai FCR dan juga kematian yang kecil. Usahakan kematian dibawah 3% agar performa ayam broiler anda bisa baik.

Setiap hari ada ribuan peternak yang memberikan supplemen, obat, vitamin  untuk ternak ayam broiler mereka, namun hanya sedikit peternak ayam broiler yang tahu apa yang sebenarnya terkandung dalam supplement yang telah mereka berikan. Karena sebagian besar produsen dan distributor supplemen, obat , vitamin ini tidak memerlukan standarisasi dalam proses produksi maupun penjualan. Kita sebagai konsumen, perlu mendapat pendidikan tentang produk-produk yang akan Anda beli agar setiap rupiah yang Anda keluarkan benar-benar memberikan manfaat bagi peternakan ayam broiler  Anda.

Besarnya gr atau milligram dalam setiap kandungan suplemen belum tentu menunjukkan kualitas yang baik, mg lebih kecil belum tentu memiliki kemampuan yang lebih rendah pula. Tentu yang menentukan adalah kemampuan serap hewan ternak terhadap dalah satu kandungan zat dalam suplemen ayam broiler.  Sebagai contoh : suplemen X mengandung iron ( iron sulfat ) 20 mg dan suplemen Z memiliki kandungan 5 mg iron amino acid chelated .Iron sulfat (FeSO4) merupakan salah satu sumber zat besi (Fe) yang banyak digunakan dalam supplement peternakan. Iron sulfat memiliki tingkat penyerapan sangat rendah (± 4%) dan zat besi yang terserap dari iron sulfat tidak digunakan dengan baik oleh ternak. Di lain pihak, iron amino acid chelate memiliki tingkat penyerapan 70-75%, lebih tinggi daripada iron sulfat.

Ini berarti, Supplement Z yang mengandung 5 mg zat besi dalam bentuk iron amino acid chelate akan mensuplai 3.50 – 3.75 mg zat besi, lebih tinggi daripada Supplement B yang hanya mensuplai 0.8 mg zat besi (4% tingkat penyerapan iron sulfat X 20 mg jumlah zat besi).

Dan, dibutuhkan setidaknya 1.500 mg vit. C dalam bentuk ascorbic acid (supplement X) untuk menyamai dosis efektif dari 5.7 mg vit. C dalam buah jeruk (supplement Z). (Sumber: Nature, June 22, 2000-Vol 405, pg. 903-904)

Contoh diatas semoga bisa membawa anda untuk lebih bijak memilih suplemen, obat vitamin untuk peternakan ayam broiler anda. Ada banyak suplemen yang beredar di pasar namun pastikan anda hanya menggunakan produk VITAMAX untuk memacu pertumbuhan ayam broiler anda. Smoga vitamax mampu mendongkrak performa ayam broiler anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *