Tips panen ayam broiler

Setiap peternak ayam broiler pasti ingin budidaya ayam broiler yang dikelola memiliki performa yang baik, performa seperti apa yang baik itu??? tentu saja panen dengan pakan seminim mungkin dan bobot setinggi mungkin, itu prinsip performa yang baik :). Namun untuk mendapatkan performa ayam broiler yang baik tentu ada banyak hal yang harus diusahakan salah satunya adalah saat panen. Panen ayam broiler juga memiliki andil dalam performa ayam broiler agar performa ayam tetap terjaga.

Dibawah ini akan kami uraikan tips panen ayam broiler, agar hasil panen tetap optimal :

1. Usahakan panen selesai dalam 1 hari maksimal 2 hari

Jika sudah saatnya panen ayam broiler dikandang anda, usahakan panen selesai secepat mungkin. atau maksimal 2 hari. Ini untuk menjaga supaya ayam tetap dalam kondisi baik, dan tidak stress. panen yang memakan waktu lama biasa ayam akan stress dan pertambahan pakan tidak sesuai dengan bobot yang dihasilkan.

2. Sekat ayam yang akan dipanen sesuai kebutuhan penangkap ayam

Sebelum melakukan sekat ayam, tanya ke penangkap butuh ayam berapa ekor dengan bobot berapa. Jika anda sudah tahu dan penangkan setuju, lakukan penyekatan sesuai permintaan penangkap. Usahakan untuk menghabiskan 1 sekatan sebelum pindah ke sekatan yang lain. Panen hanya ayam yang berapa pada gerombolan ayam yang di skat. Jika penangkap menginginkan bobot lain selain pada ayam yang sudah di skat sebisa mungkin tidak diperbolehkan.

3. Timbang maksimal 15 ekor

Jika cuaca terlalu panas dan panen dilakukan pada siang hari, maka lakukan penimbangan maksimal 15 ekor saja. atau usahakan per 10 ekor jika bobot 2 kg an. Pengalaman kemarin ayam sehat, timbang sekali 20 ekor, kematian 10 ekor saat habis timbang. Ayam sehat mati 10 ekor, kan merugikan banget ya. kematian terjadi cuma dalam 1 penangkap yang menimbang 20 ekor. jadi saya simpulkan menimbang terlalu banyak merugikan. karena setelah ditimbang setiap 10 ekor tidak ada kematian dalam keranjang.

4. Panen pada pagi, sore atau malam hari

Usahakan panen ayam pada pagi hari, sore atau malam hari. namun demikian hal ini akan sangat sulit, karena ketika panen tentu saja kita akan menyerahkan waktu panen pada pembeli ayam broiler kita. dan biasanya kalo kita ikut kemiteraan tidak ada setting waktu panen, yang ada hanya tanggal dan hari panen.

NAh jika anda ingin panen dengan hasil paling optimal, adalah panen selesai dalam 1 hari dan selesai sebelum jam makan sore. Biasanya jika panen sehari selesai, ayam masih dalam keadaan oke, bobot masih optimal. semoga bermanfaat..

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *