Waspada Terhadap Tungau Kaki Bersisik Pada Ayam Yang Diternakkan

Ayambroiler.com – ayam adalah salah satu jenis unggas yang paling banyak disukai oleh masyarakat indonesia. Sebenarnya ada banyak jenis unggas lain yang mungkin lebih disukai semisal burung hias atau semisalnya. Namun, secara umum ayam lebih banyak disukai baik oleh kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini tidak luput karena masakan yang dapat diolah dari hasil ternak ayam ini lebih populer dan lebih mudah untuk didapatkan. Rasa khas yang ada pada masakan jenis unggas ayam ini juga menjadi daya tarik yang tidak bisa dipungkiri. Sehingga, tidak heran kalau unggas ayam kini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbisnis melalui industri peternakan ayam.

Peternakan ayam memang sudah banyak dikembangkan menjadi salah satu industri yang menjanjikan melalui usaha peternakan ayam. Bisnis ini juga sangat menarik para investor yang ingin memiliki masa depan yang cerah. Pasalnya permintaan pasar akan hasil ternak ayam sudah tidak bisa dipungkiri lagi memiliki jumlah yang cukup banyak. Pertumbuhan penduduk indonesia yang terus meningkat tentu juga menjadi salah satu faktor yang bida menambah permintaan akan hasil ternak ayam tersebut. Apalagi kebutuhan akan hasil ternak ayam ini bisa meningkat di hari-hari tertentu. Namun, dibalik manisnya peluang bisnis ayam ini tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh peternak yang ingin bisa sukses menggeluti industri peternakan ayam ini.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan apabila anda ingin sukses berbisnis peternakan ayam ini. Salah satu hal yang perlu diperhatikan tersebut adalah bagaimana peternak dalam merawat unggas ayam yang dipelihara terutama terhadap serangan hama yang bisa datang secara tiba-tiba. Adapun ayam ini termasuk salah satu jenis unggas yang tentu saja sangat rentan terhadap penyakit apabila telah terjangkiti hama tertentu. Salah satu jenis hama yang bisa menyerang ayam adalah eksoparasit berupa tungau kaki bersisik. Gejala yang diakibatkan oleh hama yang satu ini sesuai dengan namanya yaitu bisa mengakibatkan kaki ayam berubah menjadi seperti bersisik.

Sebenarnya penyakit yang diakibatkan oleh tungau kaki bersisik ini bisa diminimalisir agar tidak menjadi parah. Namun hal itu tentu membutuhkan ketelitian dari peternak itu sendiri. Tungau kaki bersisik ini juga disebut dengan sebutan scaly-leg mites, yang tergolong dalam spesies knemidocoptes mutans. Eksoparasit tersebut tidak hanya bisa ditemukan pada ayam saja akan tetapi juga pada berbagai jenis unggas lain seperti berbagai jenis burung. Pengendalian terhadap tungau kaki bersisik menjadi penting karena apabila infeksi yang terjadi pada ayam sudah parah, maka bisa menimbulkan beberapa gejala yang lebih parah pula. Adapun beberapa gejala tersebut diantaranya adalah indikasi jari ayam yang mulai terlepas, ayam menjadi tidak nafsu makan, berat badan menurun, serta kematian pada unggas.

Peran peternak untuk mewaspadai tungau kaki bersisik ini sangat diperlukan apabila tidak ingin usaha peternakan yang ia jalankan mengalami kerugian. Adapun cara penanggulangan yang dapat dilakukan terhadap ayam yang sudah terkena serangan tungau tersebut adalah dengan cara mencelupkan kaki ayam ke campuran insektisida yang sesuai. Namun, langkah pencegahan tentu saja lebih baik untuk dilakukan daripada harus mengobati karena biasanya langkah pengobatan lebih membutuhkan anggaran yang lebih banyak dari pada langkah pencegahan. Oleh karena itu, untuk langkah pencegahan ini bisa dilakukan dengan melakukan langkah sanitasi atau desinfeksi yang ketat salah satunya dengan memberikan desinfeksi menggunakan desinmaxx. Nah, bagi anda yang mau order desinmaxx, anda bisa order dengan cara klik disini.

One thought on “Waspada Terhadap Tungau Kaki Bersisik Pada Ayam Yang Diternakkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *